Candi Bima

Kabupaten Banjarnegara

Informasi Umum
 Data diperbarui: Jumat, 15 Januari 2016

Nama Objek : Candi Bima
Lokasi : Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
Koordinat GPS : -7.214334, 109.910561

Merupakan candi terbesar diantara kumpulan Candi Dieng. Candi ini memiliki bentuk yang berbeda dengan candi-candi di Jawa Tengah. Secara umum bangunan candi Bima berarsitek seperti candi-candi di India, namun tidak seutuhnya sama. Sementara itu relief candi Bima masih terlihat utuh dan menampilkan cerita perwayangan.

Kaki candi berbentuk Bujur sangkar dengan penampil yang agak menonjol keluar menjadikan denah dasar Candi Bima seolah-oleh berbentuk segi delapan. Bagian atapnya mirip dengan bentuk Shikara dan berbentuk seperti mangkuk yang ditangkupkan. Bentuk atap candi terdiri atas 5 tingkat, masing-masing tingkat mengikuti lekuk bentuk tubuhnya, makin ke atas makin mengecil. Setiap tingkat dihiasi dengan pelipit padma ganda dan relung kudu. Kudu ialah arca setengah badan yang nampak se olah-olah sedang menjenguk ke luar. Hiasan semacam ini terdapat juga di Candi Kalasan. Puncak atap sudah hancur sehingga tidak diketahui bentuk aslinya.

Penampil di bagian depan menjorok sekitar 1,5 m, berfungsi sebagai bilik penampil menuju ruang utama dalam tubuh candi. Penampil di ketiga sisi lainnya membentuk relung tempat meletakkan arca. Saat ini semuanya dalam keadaan kosong. Tak satupun arca yang masih tersisa.
 


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
Pemancingan 51 Putriana
Janti, Polanharjo, Klaten, Kabupaten Klaten
Pemancingan yang mengutamakan cita rasa khas masakan, didukung dengan fasilitas gratis seperti kolam renang, menjadikan Pemancingan 51 salah satu pilihan untuk berlibur bersama keluarga
Joglo Nugroho Ngampin
Jl. MGR Soegijapranoto Ngampin, Ambarawa, Kabupaten Semarang
Merupakan Restoran dengan konsep joglo dengan yang berada di Kab. Semarang. Terletak di Jl. MGR Soegijapranoto Ngampin, Ambarawa atau jalur Ambarawa - Magelang.
BELUTNYA MBAH KHOBER 2
Jl. Salatiga - Muncul Km. 08, Kabupaten Semarang
Belutnya Mbah Khober, nama ini seakan menjadi trademark olahan belut yang lezat. Berbagai Olahan belut seperti belut original, belut krispi, dan belut penyet dapat ditemukan disini.

  Saran Akomodasi
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.
Griya Puspita Bonsai
Jl. Raya Lemah Abang KM 3 Bergas Kidul, Bandungan, Kabupaten Semarang
Griya Puspita Bonsai merupakan Convention Hall yang menawarkan suasana yang unik dengan hamparan bonsai yang indah.
Graharu Boutique Hotel
Tingal Wetan RT 05 RW 02, Wanurejo, Mungkid, Kota Magelang
Graharu Boutique Hotel - boutique hotel yang unik dengan nuansa Jawa yang sangat kental