Curug Pitu

Kabupaten Banjarnegara

Informasi Umum
 Data diperbarui: Sabtu, 16 Januari 2016

Nama Objek : Curug Pitu
Lokasi : Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Curug Pitu merupakan air terjun yang ada di dekat sentra Salak Pondoh (agak dekat dengan wilayah Wonosobo). Curug ini memiliki tujuh buah tingkatan dari atas ke bawah sehingga diberi nama Curug Pitu. Untuk melihat keselurahan rangkaian tingkatan curug ini harus berjalan kaki naik ke atas/ke arah hulu, dimana jalan yang harus dilalui berupa jalan setapak yang sempit dan cukup licin. Diantara rangkaian tingkatan ini curug yang ke tujuh, yang terletak paling bawah, merupakan curug yang paling besar dan tinggi.  Ketinggian curug ke tujuh ini sekitar 30 m dengan kolam dibawahnya yang dapat digunakan untuk mandi atau berenang.

Curug ini sangat indah. Selain bagus untuk rekreasi seluruh keluarga, juga cocok sebagai arena camping. Di dekat curug Pitu juga ada curug lain yang bernama Curug Kemiri. Gugusan tujuh tingkat air terjun dari atas ke bawah ini sangat indah. Dari curug pertama (tingkat I), kita bisa menyaksikan air terjun dengan debit air yang cukup besar. Di kanan kiri adalah hutan yang masih asri yang didominasi tanaman keras. Banyak juga pohon durian.

Jika kita ingin melihat curug di atasnya, kita harus mendaki jalan setapak di kanan jalan. Ada anak tangga yang cukup memudahkan mendaki. Setiap sekitar 50 meter, curug kedua dan seterusnya sudah menanti. Di curug teratas (tingkat tujuh), pemandangan lebih eksotis lagi karena keenam curug di bawahnya terlihat indah bak kaki-kaki bidadari yang lembut menjuntai.

Untuk mencapai obyek wisata ini cukup mudah, namun lebih nyaman dengan menggunakan kendaraan sendiri, terutama roda dua (sepeda motor) agar sampai persis di gerbang curug. Dari Kota Banjarnegara kita berkendara ke arah timur sekitar 10 kilometer sampailah di pertigaan Desa Sigaluh. Ambil jalan kanan, mulailah menyusuri jalanan desa yang halus dengan udara yang segar, dengan jarak tempuh sekitar 7 kilo meter. Tak jauh dari Balai Desa Kemiri, kita bisa langsung menikmati keindahan dan kesegaran Curug Pitu.

Curug Pitu merupakan kekayaan alam Banjarnegara yang sangat potensial apabila dikembangkan dengan serius oleh pihak berwenang.. Selain akses yang mudah dari pusat kota, keindahan Curug Pitu juga merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Akses pendakian untuk melihat 7 tingkatan air terjun adalah tantangan tersendiri untuk dihadapi dan ditaklukkan, hingga wisatawan dapat bermandi ria pada air terjun tingkat ke-4, yang mempesona dan cukup landai untuk dinikmati.

Di Obyek Wisata Curug Pitu disediakan berbagai fasilitas seperti Gardu Pandang, Jalan Setapak & Fasilitas Umum.

Aksesibilitas

Berjarak 10 km dari kota Banjarnegara ke arah timur.  Dapat ditempuh dengan berkendara roda dua dan empat selama sekitar 10-15 menit dari pertigaan jalan Tekidadi yang terletak di jalan Propinsi Banjarnegara - Wonosobo.  Pintu masuk ke curug ini ditandai dengan plang yang bertuliskan Obyek wisata Curug Pitu yang berada tepat di sebelah Balai Desa Sigaluh.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
Abby's House
Jl. Diponegoro 47, Kota Salatiga
Abby's House Salatiga, cafe dan resto dengan aneka pilihan masakan dan minuman spesial terutama kopi dan pancakenya
RM CINTA RASA
Jl. Yasmudi No. 27 Muntilan, Kabupaten Magelang
Rumah makan Cinta Rasa, rumah makan di Muntilan yang menyediakan berbagai macam Chinese food, seafood, dan menu lain seperti ayam kampung goreng kremes, bebek goreng / bakar, nasi bakmoy, sop sapi, dan bakso
Pemancingan & RM Lesehan Ganten Permai 3
Jl. Batu Jamus-Kemuning, Desa Ganten KM 3, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar
Pemancingan lesehan bernuansa gabungan agrowisata dan perikanan yang alami.

  Saran Akomodasi
Laras Asri Resort & Spa
Jl. Jendral Sudirman No. 335, Kota Salatiga
Sebuah resort tradisional yang indah dan nyaman di Salatiga menjadikan Laras Asri Resort & Spa sebuah pilihan terbaik untuk beristirahat dan berlibur.
Griya Puspita Bonsai
Jl. Raya Lemah Abang KM 3 Bergas Kidul, Bandungan, Kabupaten Semarang
Griya Puspita Bonsai merupakan Convention Hall yang menawarkan suasana yang unik dengan hamparan bonsai yang indah.
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.