Kawah Sileri

Kabupaten Banjarnegara

Informasi Umum
 Data diperbarui: Kamis, 21 Januari 2016

Nama Objek : Kawah Sileri
Lokasi : Pegunungan Pagerkandang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Kawah aktif terluas di Dataran Tinggi Dieng, yakni sekitar dua hektar dan menjadi salah satu kawah paling berbahaya di Dieng Plateau.

Disekitar kawah ada beberapa mata air panas yang pernah dijadikan pemandian namun musnah tertutup lumpur lahar. Pada tahun 1944 pernah terjadi musibah satu desa di sekitar kawah sileri amblas karena pergerakan tana dan seluruh desa tertimbun. Mata air panas yang mengalir melewati kawah membuat tampungan air berwarna abu-abu dan mempunyai sumber air panas dan dingin.

Permukaan air di kawah ini terus menerus mengepulkan asap putih, dan air kawahnya yang bergolak mendidih berwarna seperti air cucian beras, atau leri. Air kawah tersebut digunakan sebagai sumber air tempat penyiraman Tanaman.

Kawah Sileri menyuguhan pemandangan alam yang menawan. Hamparan perbukitan hijau dengan pohon-pohon yang tumbuh subur serta hamparan perkebunan warga yang mengelilingi kawah akan memanjakan mata. Kondisi vegetasi di sekitar Kawah Sileri terlihat kontras memang jika dibandingkan dengan kondisi di sekitar Kawah Sikidang yang terlihat gersang. Di sekitar Kawah Sileri ini rerumputan dan pepohonan justru dapat tumbuh dengan subur. Di balik pesonanya, Kawah Sileri merupakan kawah paling berbahaya di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Pengunjung hanya diperbolehkan mengunjungi kawah ini maksimal sampai dengan pukul lima sore. Walaupun sudah diperingatkan, hal yang paling penting adalah kewaspadaan si pengunjung itu sendiri demi keselamatan diri.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
RM Lesehan & Pemancingan Java Resto
Dukuh Pentukrejo, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
Java resto menyediakan spesial iga bakar, kakap bumbu rujuk, kakap lombok ijo, udang pedas
Joglo Nugroho Ngampin
Jl. MGR Soegijapranoto Ngampin, Ambarawa, Kabupaten Semarang
Merupakan Restoran dengan konsep joglo dengan yang berada di Kab. Semarang. Terletak di Jl. MGR Soegijapranoto Ngampin, Ambarawa atau jalur Ambarawa - Magelang.
Kampoeng Rawa
Jl. Lingkar Ambarawa KM 3 Ambarawa, Kabupaten Semarang
Kampoeng Rawa merupakan tujuan wisata yang terletak di tepi danau Rawa Pening Ambarawa, dengan view yang menarik dan berbagai wahana permainan

  Saran Akomodasi
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.
The Wujil Resort & Conventions
Jl. Soekarno-Hatta Km 25,5 Ungaran, Kabupaten Semarang
Nestled in four hectares of greenery and pure nature and strategically located in the triangle of 3 cities: Semarang, Solo & Yogyakarta, the Wujil Resort & Conventions – managed by TAUZIA Hotel Management offers a natural backdrop which makes it an idea
Griya Puspita Bonsai
Jl. Raya Lemah Abang KM 3 Bergas Kidul, Bandungan, Kabupaten Semarang
Griya Puspita Bonsai merupakan Convention Hall yang menawarkan suasana yang unik dengan hamparan bonsai yang indah.