Museum Purbakala Kailasa

Kabupaten Banjarnegara

Informasi Umum
 Data diperbarui: Kamis, 21 Januari 2016

Nama Objek : Museum Purbakala Kailasa
Lokasi : Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
Koordinat GPS : -7.208507, 109.905410

Merupakan museum yang terletak di kompleks Gedung Arca milik Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah, di dekat Candi Gatotkaca. Museum ini menjadi bukti adanya peninggalan peradaban campuran antara Jawa Kuno dan Hindu. Diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, pada tahun 2008, sebagai perluasan dari Gedung Arca yang sudah ada sebelumnya. Museum kailasa ini adalah satu-satunya museum yang masih terawat dengan baik.

Museum ini memiliki beberapa ruangan. Di ruangan pertama ditemukan koleksi arca- arca seputar Dataran Tinggi Dieng. Di ruangan kedua banyak informasi yang dipaparkan. Mulai dari kisah awal-mula Dataran Tinggi Dieng hingga kisah candi-candinya. Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik yang terbentuk secara bertahap sejak 2 juta tahun yang lalu. Awalnya, aktivitas erupsi dan vulkanik membentuk kawah dan pegunungan. Kemudian sebagian kawah tidak aktif lagi dan berubah menjadi kantong-kantong penadah air hujan. Namun aktivitas vulkanik di dalam bumi masih terus berlangsung dan pengaruh larutan hidrotermal menyebabkan terjadinya mata air panas dan kawah-kawah baru hingga saat ini.

Ada panel yang menyajikan informasi seputar kehidupan warga di Dataran Tinggi Dieng. Panel tersebut menceritakan tentang gaya hidup warga Dieng, pertanian mereka, keragaman Masjid dan Mushalla di Dieng, kesenian lokal, hingga mitos anak bajang. Selain itu ada pula yang menyajikan informasi tentang pusat aktivitas agama Hindu yang sebagian besar menyajikan informasi mengenai candi-candi di Dieng. Panel-panel mengenai candi ini mengulas seluk-beluk arsitektur candi di Dataran Tinggi Dieng dan di Jawa Tengah. Seperti bagan bagian-bagian candi, perbandingan arsitektur candi, teknik konstruksi candi dan lain sebagainya. Sebagai pelengkap informasi panel, disajikan juga artefak-artefak dan arca-arca penunjang.

Di museum ini juga dilengkapi dengan kafe dan teater. Teater yang terletak di tengah museum ini dapat memutar film tentang kawasan Dieng. Bukan hanya tentang candi-candi yang terkenal itu, melainkan juga tentang kebudayaannya. Oleh karena itu, Museum Dieng dapat menjadi semacam visitor center, yang memberikan gambaran mengenai apapun yang ada di kawasan ini kepada pengunjung. Selain itu, terdapat pula fasilitas seoerti gazebo, yang digunakan untuk menikmati pemandangan. Bagian atas bangunan juga dibuat beton datar yang dapat digunakan untuk pentas kesenian.

Untuk mencapai museum ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum dari kota Wonosobo, kemudian turun di pos ojek dekat Gangsiran Aswatama, dilanjutkan berjalan kaki ke arah museum.Apabila menggunakan kendaraan pribadi, terdapat tempat parkir yang luas di seberang museum, di dekat Candi Gatotkaca. Dapat pula dijangkau dengan berjalan kaki menelusuri jalan setapak dari kompleks Candi Arjuna.

Dari museum ini, pengunjung dapat meneruskan perjalanan ke Kawah Sikidang, Telaga Warna, atau Candi Bima, yang terletak satu jalur.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
Candi Resto
Jl. Pattimura 75, Kota Salatiga
Candi Resto Salatiga - Makes You Smile. Restoran keluarga dengan menu lengkap, tempat nyaman
Pemancingan 51 Putriana
Janti, Polanharjo, Klaten, Kabupaten Klaten
Pemancingan yang mengutamakan cita rasa khas masakan, didukung dengan fasilitas gratis seperti kolam renang, menjadikan Pemancingan 51 salah satu pilihan untuk berlibur bersama keluarga
ATM SEAFOOD
Jl. Raya Magelang - Jogja KM 9 Blabak, Mungkid, Kabupaten Magelang
Area Tempat Makan (ATM) Spesial Seafood di Mungkid, Magelang.

  Saran Akomodasi
Laras Asri Resort & Spa
Jl. Jendral Sudirman No. 335, Kota Salatiga
Sebuah resort tradisional yang indah dan nyaman di Salatiga menjadikan Laras Asri Resort & Spa sebuah pilihan terbaik untuk beristirahat dan berlibur.
Graharu Boutique Hotel
Tingal Wetan RT 05 RW 02, Wanurejo, Mungkid, Kota Magelang
Graharu Boutique Hotel - boutique hotel yang unik dengan nuansa Jawa yang sangat kental
Griya Puspita Bonsai
Jl. Raya Lemah Abang KM 3 Bergas Kidul, Bandungan, Kabupaten Semarang
Griya Puspita Bonsai merupakan Convention Hall yang menawarkan suasana yang unik dengan hamparan bonsai yang indah.