Waduk Mrica

Kabupaten Banjarnegara

Informasi Umum
 Data diperbarui: Jumat, 15 Januari 2016

Nama Objek : Waduk Mrica
Lokasi : Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
Koordinat GPS : -7.392752, 109.622220

Waduk Mrica merupakan “danau buatan terpanjang” di Asia tenggara. Waduk ini dibuat dengan membendung Sungai Serayu. Waduk ini dibangun sebagai fungsi PLTA (Pembangkit listrik Tenaga Air). Bendungan yang mempunyai panjang 6,5 Km dan luas 1.250 Ha merupakan bendungan terbesar di Asia Tenggara dan mempunyai kapasitas tenaga listrik sebesar 184,5 MW, dengan tujuan untuk menyuplai kebutuhan listrik Jawa-Bali.  Selain sebagai fungsi PLTA, danau buatan ini dipandang cukup potensial sebagai tujuan wisata. Waduk Mrica atau dikenal juga sebagai Bendungan Panglima Besar Jendral Soedirman, terletak sekitar 9 km barat kota Banjarnegara, Jawa Tengah.

Waduk Mrica  yang penggunaannya diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1989 ini, tidak hanya berfungsi sebagai PLTA, tetapi lebih luas lagi untuk kemanfaatan para petani sebagai sarana menstabilkan aliran air irigasi menuju sawah-sawah yang terbentang di wilayah Banjarnegara.

Suasana di lokasi wisata waduk Mrica cukup sejuk, karena banyak ditumbuhi pohon-pohon yang rindang. Pemandangan waduk juga sangat mempesona, seolah sedang berada di pinggir pantai, hamparan airnya sangat luas ujung waduk nyaris tidak nampak. Dihari biasa tidak terlalu ramai, nyaris sepi, makanya banyak menjadi pilihan bagi anak muda yang sedang dimabuk asmara, katanya sekedar mendapatkan suasana romantis.

Kuliner khas Banjarnegara juga bisa dinikmati di area wisata ini, Es Dawet Ayu dan bakso biasanya menjadi pilihan pengunjung, untuk camilannya tempe mendoan hangat sangat nikmat. Ada juga serabi, makanan ini sangat khas karena bahan dan pembuatan masih sangat tradisional, sehingga menyuguhkan rasa original.

Untuk menjangkau lokasi wisata ini sangat mudah aksesnya, karena pintu masuk berada dijalur utama jalan raya di kabupaten Banjarnegara.

Dari pusat kota Banjarnegara sekitar 9 km kearah barat menuju Kota Purwokerto/Banyumas.

Tempat Potensial Pengembangan Sektor Wisata

Menurut catatan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara, kawasan Waduk Mrica adalah salah satu obyek wisata yang sudah dikembangkan. Fasilitas-fasilitas pendukung untuk menarik para wisatawan sudah dibangun dikawasan ini. Paket wisata yang di tawarkan disini seperti panggung petunjukan terbuka,  perahu mengelilingi waduk, olah raga dayung maupun memancing. Bahkan di aliran sungai bagian hulu terdapat wisata yang bisa memacu adrenalin yaitu Arung Jeram. Selain itu, tersedia juga area bermain anak dan area memancing yang sangat cocok untuk para mincing mania. Area padang Golf juga tersedia disini, untuk memfasilitasi para eksekutif tersedia 8 Hole yang cukup luas.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
Pemancingan 51 Putriana
Janti, Polanharjo, Klaten, Kabupaten Klaten
Pemancingan yang mengutamakan cita rasa khas masakan, didukung dengan fasilitas gratis seperti kolam renang, menjadikan Pemancingan 51 salah satu pilihan untuk berlibur bersama keluarga
Kampoeng Rawa
Jl. Lingkar Ambarawa KM 3 Ambarawa, Kabupaten Semarang
Kampoeng Rawa merupakan tujuan wisata yang terletak di tepi danau Rawa Pening Ambarawa, dengan view yang menarik dan berbagai wahana permainan
RM Lesehan & Pemancingan Java Resto
Dukuh Pentukrejo, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar
Java resto menyediakan spesial iga bakar, kakap bumbu rujuk, kakap lombok ijo, udang pedas

  Saran Akomodasi
Griya Puspita Bonsai
Jl. Raya Lemah Abang KM 3 Bergas Kidul, Bandungan, Kabupaten Semarang
Griya Puspita Bonsai merupakan Convention Hall yang menawarkan suasana yang unik dengan hamparan bonsai yang indah.
Graharu Boutique Hotel
Tingal Wetan RT 05 RW 02, Wanurejo, Mungkid, Kota Magelang
Graharu Boutique Hotel - boutique hotel yang unik dengan nuansa Jawa yang sangat kental
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.