Kabupaten Banyumas



SELAMAT DATANG DI Kabupaten Banyumas

Wilayah Kabupaten Banyumas terletak di sebelah barat daya provinsi Jawa Tengah. Kondisi wilayah antara daratan dan pegunungan dengan struktur  pegunungan terdiri dari sebagian lembah sungai Serayu untuk tanah pertanian, sebagian dataran tinggi untuk pemukiman dan pekarangan, dan sebagian pegunungan untuk perkebunan dan hutan tropis terletak di lereng gunung Slamet sebelah barat dengan suhu udara berkisar antara 21o – 30o C


  BAGAIMANA KE Kabupaten Banyumas
  • Kabupaten Banyumas dilalui jalan negara yang menghubungkan kota Tegal-Purwokerto, Purwokerto-Temangggung-Magelang/Semarang, serta jalan lintas selatan Bandung-Yogyakarta-Surabaya. Wangon merupakan persimpangan jalur Yogyakarta-Bandung dan Tegal-Cilacap.
     
  • Angkutan umum bis antarkota di antaranya jurusan Jakarta, Tegal/Cirebon, Bandung, Semarang, Yogyakarta/Solo.
    Kabupaten ini juga terdapat jalur kereta api lintas selatan Jakarta-Cirebon-Purwokerto-Yogyakarta-Surabaya.
     
  • Stasiun Purwokerto merupakan stasiun paling besar di wilayah Jawa Tengah bagian barat. Di antara kereta api yang melintasi Purwokerto adalah: Bima (Jakarta Kota-Surabaya Gubeng), Argo Lawu (Jakarta Gambir-Solo Balapan), Senja Utama dan Fajar Utama (Pasar Senen-Yogyakarta), Logawa (Purwokerto-Jember), dan Purwojaya (Jakarta Gambir-Cilacap).
     
  • Jarak dari Kabupaten Banyumas ke :
    • Jakarta : 398 Km
    • Semarang : 183 Km
    • Surabaya : 480 Km
    • Surakarta : 208 Km
    • Yogyakarta : 149 Km

  KULINER KHAS
 

MENDOAN
Makanan khas/asli Banyumas terbuat dari bahan baku kedelai yang sengaja dibuat atau dicetak menjadi lembaran tempe tipis berbentuk segi empat, kemudian dilumuri adonan tepung beras dan terigu yang sudah diberi bumbu, lalu digoreng setengah matang.

     
 

KRIPIK TEMPE
Makanan khas Banyumas terbuat dari bahan baku yang sama dengan mendoan digoreng dua kali hingga tempe menjadi kering dan renyah.

     
 

GETHUK GORENG SOKARAJA
Makanan khas bercita rasa manis dengan aneka rasa dan aroma serta diberi pewarna agar lebih menarik dan di bagian atasnya ditaburi ampas kelapa dengan aroma vanili. Gethuk goreng ini dikemas apik dalam besek sehingga sangat cocok untuk oleh-oleh karena dapat disimpan atau bertahan hingga sepuluh hari. Wisatawan dapat dengan mudah memperolehnya disepanjang jalan raya Sokaraja untuk berbelanja, sekaligus melihat proses pembuatannya. Lokasi : Sepanjang JI. Raya Sokaraja, Sepanjang JI. Sawangan - Purwokerto.

     
 

SOTO SOKARAJA
Penyajian Soto khas Sokaraja tanpa menggunakan nasi dan soun, terdiri dari ketupat sebagai pengganti nasi dan dicampur dengan irisan daging ayam atau sapi, tauge, daun bawang dan kerupuk warna warni serta dilengkapi dengan sambal kacang/bumbu pecel dan kecap. Wisatawan dapat menikmatinya diwarung-warung soto disepanjang jalan Raya Sokaraja atau kawasan centra gethuk goreng. Lokasi: Sepanjang JI. Raya Sokaraja, Sepanjang JI. Sawangan, JI. Bank dan sekitar Kota Purwokerto.

     
 

NOPIA/ MINO
Makanan khas Banyumas yang bahan bakunya terbuat dari tepung terigu dan gula kelapa/gula jawa yang dibentuk kemudian dipanggang dengan aneka rasa. Nopia ini sangat cocok sebagai oleh-oleh karena dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama. Lokasi : Sepanjang JI. Raya Sokaraja Sepanjang JI. Sawangan, JI. Bank dan sekitar Kota Purwokerto.

     
 

JENANG JAKET DAN WAJIK KLETHIK
Kata "Jaket" merupakan singkatan dari Jenang Asli Ketan dengan keunikan sangat kenyal namun tidak mudah lengket di tangan karena dicampur dengan wijen. Pabrik jenang ini beralamat di JI. PKK Mersi- Purwokerto.

 

  PROMO ISTIMEWA