Bendung Gerak Serayu

Kabupaten Banyumas

Informasi Umum
 Data diperbarui: Senin, 5 Oktober 2015

Nama Objek : Bendung Gerak Serayu
Lokasi : Gambarsari, Kebasen, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Telp : -
Koordinat GPS : -7.526010, 109.201775

Salah satu bendungan terbesar di Indonesia yang terletak di jalur utama Purwokerto-Cilacap, tepatnya di Desa Kebasen, Kecamatan Patikraja. Bendung Gerak Serayu merupakan bendung gerak pertama di Indonesia. Bendungan ini dibangun pada tahun 1993 dan diresmikan pada tahun 1996 oleh Pak Suharto.

Bendungan ini beserta jaringan irigasi dibangun sebagai irigasi, sehingga ketika musim kemarau tiba, tanaman padi di Kabupaten Banyumas, Cilacap dan Kebumen tidak akan kekurangn air sekalipun.

Lokasi ini sudah berkembang menjadi kawasan wisata yang dikelola oleh Pemerintah. Luasnya sekitar 5 ha. Tempat ini sudah menjadi tempat favorit bagi para pemudik ketika lebaran untuk bersinggah melepas lelah setelah bekendara yang cukup lama. Di obyek wisata ini, kita bisa menikmati  pemandangan alam Bendung Gerak Serayu fasilitas penunjang berupa jalan menuju lokasi wisata yang sudah bagus dan tempat parkir yang luas serta pemandangan sekitar yang indah pula. Selain itu kita juga bisa menikmati berbagai kuliner yang dijual para pedagang dadakan. Jika kita beruntung, kita juga bisa melihat kereta api yang melintas.

Bukan hanya sebagai irigasi dan tempat wisata saja, tenpat ini juga bisa digunkan untuk olahraga air seperti dayung.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
PONDOK MAKAN DAN PEMANCINGAN REJOSARI
Jl. Mayor Kusen KM 3 Selak Pabelan, Mungkid, Kabupaten Magelang
Pondok Makan dan Pemancingan Rejosari, nikmati bersantai bersama keluarga di tempat yang asri sambil menikmati santapan lezat.
Kampoeng Rawa
Jl. Lingkar Ambarawa KM 3 Ambarawa, Kabupaten Semarang
Kampoeng Rawa merupakan tujuan wisata yang terletak di tepi danau Rawa Pening Ambarawa, dengan view yang menarik dan berbagai wahana permainan
ATM CAFE
Jl. Raya Magelang - Bandongan, Trasan, Bandongan , Kabupaten Magelang
Cafe dengan konsep natural, spesial bebek goreng dan susu tape.

  Saran Akomodasi
The Wujil Resort & Conventions
Jl. Soekarno-Hatta Km 25,5 Ungaran, Kabupaten Semarang
Nestled in four hectares of greenery and pure nature and strategically located in the triangle of 3 cities: Semarang, Solo & Yogyakarta, the Wujil Resort & Conventions – managed by TAUZIA Hotel Management offers a natural backdrop which makes it an idea
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.
Griya Puspita Bonsai
Jl. Raya Lemah Abang KM 3 Bergas Kidul, Bandungan, Kabupaten Semarang
Griya Puspita Bonsai merupakan Convention Hall yang menawarkan suasana yang unik dengan hamparan bonsai yang indah.