Curug Bayan Kalipagu

Kabupaten Banyumas

Informasi Umum
 Data diperbarui: Sabtu, 16 Januari 2016

Nama Objek : Curug Bayan Kalipagu
Lokasi : Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Koordinat GPS : -7.324358, 109.218126

Berada tidak jauh dari kawasan Baturraden, kurang lebih sekitar 3 km dan hanya beberapa puluh langkah dari lokasi Dam Jepang Kalipagu. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 7 meter dan areal kolam yang memiliki luas sekitar 200-300 m2 dengan kedalaman 2-5 meter. Bukan hanya sebagai genangan air yang bisa dinikmati keindahannya saja, namun kolam ini juga bisa digunakan untuk mandi dan berenang.

Di kawasan curug ini juga terdapat villa “Wisma Curug Bayan” yang berdiri di atas sungai Banjaran.  Di villa ini kita bisa menikmati pemandangan langsung ke arah Curug Bayan dan Dam Jepang.

Berada di sebelah kiri Curug Bayan Kalipagu, berdiri Surge Tank di atas tebing. Dulunya, Surge Tank ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1939, dan berfungsi sampai saat ini. Surge Tank merupakan bagian dari konstruksi PLTA Ketenger.

Terdapat pula pipa beton, Kolam Tandon PLTA, Hutan Damar atau yang dikenal sebagai Bukit Cendana. Bukit Cendana ini terletak 1 km di sebelah barat Dusun Kalipagu. Selain itu,  terdapat Batu lumpang yang barada 1 km sebelah utara Dusun Kalipagu. Batu lumpang ini dipercaya sebagai peninggalan yang bersejarah.

Di kawasan ini sudah banyak dijumpai tempat makan dan juga gazebo yang bisa digunakan untuk tempat bersantai.

Apabila ingin berkunjung ke obyek ini, alangkah baiknya menggunakn kendaraan pribadi, karena angkutan umu yang menuju lokasi ini masih belum ada.

Terdapat jalur alternatif denga melalui Kedung Banteng, dimana dari arah Tegal-Bumiayu juga dari jalur Selatan melalui Ajibarang, sebelum masuk Kota Purwokerto di pertigaan Pasar Karang Lewas belok kekiri lurus terus mengikuti jalan utama, sampai di Kedung Banteng selanjutnya Batu Raden.  Jalan ini cukup baik untuk dilalui meskipun sangat sempit, terlebih bila ada dua mobil berpapasan.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
CAFE TELO D-9
JL.Argowiyoto 8A Salatiga., Kota Salatiga
Cafe Telo D-9 merupakan icon kuliner Salatiga yang menyediakan berbagai macam olahan telo atau singkong yang di olah menjadi makanan yang berkelas
Kampoeng Kopi Banaran
Jl. Raya Bawen-Solo Km.1,5 Kec. Bawen, Kabupaten Semarang
Kampoeng Kopi Banaran Kami adalah One Stop Tourism and Education Service, yang berpusat di Jl. Raya Semarang-Bawen KM 1,5 , Bawen Semarang. Kami memiliki beberapa fasilitas, diantaranya Convention Hall, Indoor dan Outdoor Event Space, Meeting Package
Abby's House
Jl. Diponegoro 47, Kota Salatiga
Abby's House Salatiga, cafe dan resto dengan aneka pilihan masakan dan minuman spesial terutama kopi dan pancakenya

  Saran Akomodasi
Laras Asri Resort & Spa
Jl. Jendral Sudirman No. 335, Kota Salatiga
Sebuah resort tradisional yang indah dan nyaman di Salatiga menjadikan Laras Asri Resort & Spa sebuah pilihan terbaik untuk beristirahat dan berlibur.
The Wujil Resort & Conventions
Jl. Soekarno-Hatta Km 25,5 Ungaran, Kabupaten Semarang
Nestled in four hectares of greenery and pure nature and strategically located in the triangle of 3 cities: Semarang, Solo & Yogyakarta, the Wujil Resort & Conventions – managed by TAUZIA Hotel Management offers a natural backdrop which makes it an idea
Graharu Boutique Hotel
Tingal Wetan RT 05 RW 02, Wanurejo, Mungkid, Kota Magelang
Graharu Boutique Hotel - boutique hotel yang unik dengan nuansa Jawa yang sangat kental