Curug Bayan Kalipagu

Kabupaten Banyumas

Informasi Umum
 Data diperbarui: Sabtu, 16 Januari 2016

Nama Objek : Curug Bayan Kalipagu
Lokasi : Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Koordinat GPS : -7.324358, 109.218126

Berada tidak jauh dari kawasan Baturraden, kurang lebih sekitar 3 km dan hanya beberapa puluh langkah dari lokasi Dam Jepang Kalipagu. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 7 meter dan areal kolam yang memiliki luas sekitar 200-300 m2 dengan kedalaman 2-5 meter. Bukan hanya sebagai genangan air yang bisa dinikmati keindahannya saja, namun kolam ini juga bisa digunakan untuk mandi dan berenang.

Di kawasan curug ini juga terdapat villa “Wisma Curug Bayan” yang berdiri di atas sungai Banjaran.  Di villa ini kita bisa menikmati pemandangan langsung ke arah Curug Bayan dan Dam Jepang.

Berada di sebelah kiri Curug Bayan Kalipagu, berdiri Surge Tank di atas tebing. Dulunya, Surge Tank ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1939, dan berfungsi sampai saat ini. Surge Tank merupakan bagian dari konstruksi PLTA Ketenger.

Terdapat pula pipa beton, Kolam Tandon PLTA, Hutan Damar atau yang dikenal sebagai Bukit Cendana. Bukit Cendana ini terletak 1 km di sebelah barat Dusun Kalipagu. Selain itu,  terdapat Batu lumpang yang barada 1 km sebelah utara Dusun Kalipagu. Batu lumpang ini dipercaya sebagai peninggalan yang bersejarah.

Di kawasan ini sudah banyak dijumpai tempat makan dan juga gazebo yang bisa digunakan untuk tempat bersantai.

Apabila ingin berkunjung ke obyek ini, alangkah baiknya menggunakn kendaraan pribadi, karena angkutan umu yang menuju lokasi ini masih belum ada.

Terdapat jalur alternatif denga melalui Kedung Banteng, dimana dari arah Tegal-Bumiayu juga dari jalur Selatan melalui Ajibarang, sebelum masuk Kota Purwokerto di pertigaan Pasar Karang Lewas belok kekiri lurus terus mengikuti jalan utama, sampai di Kedung Banteng selanjutnya Batu Raden.  Jalan ini cukup baik untuk dilalui meskipun sangat sempit, terlebih bila ada dua mobil berpapasan.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
Pemancingan Suharno 2
Blater RT 04 RW VI Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang
Pemancingan yang menjadi alternatif wisata kuliner di Kab. Semarang. Terletak di Jimbaran, Bandungan. Menawarkan berbagai menu ikan yang lezat dengan beragam fasilitas menarik seperti kolam renang anak, free hot spot, dll.
Lembu Lembu Resto dan Car Wash
Jl. Soekarno Hatta No. 200, Kota Salatiga
Lembu Lemu Resto, Catering, & Car Wash - Spesial masakan daging sapi, dengan rasa dan bumbu istimewa yang layak untuk dicoba
Abby's House
Jl. Diponegoro 47, Kota Salatiga
Abby's House Salatiga, cafe dan resto dengan aneka pilihan masakan dan minuman spesial terutama kopi dan pancakenya

  Saran Akomodasi
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.
Griya Puspita Bonsai
Jl. Raya Lemah Abang KM 3 Bergas Kidul, Bandungan, Kabupaten Semarang
Griya Puspita Bonsai merupakan Convention Hall yang menawarkan suasana yang unik dengan hamparan bonsai yang indah.
Laras Asri Resort & Spa
Jl. Jendral Sudirman No. 335, Kota Salatiga
Sebuah resort tradisional yang indah dan nyaman di Salatiga menjadikan Laras Asri Resort & Spa sebuah pilihan terbaik untuk beristirahat dan berlibur.