Gua Maria Kaliori

Kabupaten Banyumas

Informasi Umum
 Data diperbarui: Rabu, 20 Januari 2016

Nama Objek : Gua Maria Kaliori
Lokasi : Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Kode Pos: 53191
Koordinat GPS : -7.494999, 109.306106

Gua Maria Kaliori, Banyumas Merupakan tempat ziarah bagi umat Katolik terlengkap di Indonesia. Pada saat-saat tertentu, tempat ini sering dikunjungi oleh para jamaat. Sekitar 20 km dari kota Purwokerto dan masuk ke dalam keuskupan Purwokerto.

Gua ini dibangun di atas bukit kecil yang sebelumnya tandus. Pembangunan Gua Maria Kaliori ini dimulai sejak 15 Agustus tahun 1989 yang ditandai dengan adanya peletakan batu pertama oleh Uskup Purwokerto Mgr. P. S Hardjasoemarta MSc. pada tanggal 10 Oktober 1989 terjadi peristiwa bersejarah, dimana dalam acara Misa Agung di Yogyakarta, Bapa Suci Yohanes Paulus II mau memberkati Patung Bunda Maria. Hal ini merupakan tanda dimulainya prasasti dari Gua Maria Kaliori yang kemudian dilanjutkan pada tanggal 8 Desember 1989, untuk bisa diresmikan bagi masyarakat luas. Patung Bunda Maria yang ada di Kaliori diberkati oleh Bapa Suci Paus Yohanes Paulus II ketika merayakan Misa Agung di Yogyakarta pada tanggal 10 Oktober 1989.

Gua ini terletak di komplek peziarahan seluas 5,6 hektar dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas doa. Semenjak itu, pembangunan tempat ziarah Umat Katolik tersebut berlanjut terus. Berbagai fasilitas, seperti Kapel Ratu Surga, Jalan Salib, Taman Rosario, Pendopo bagi para peziarah, dan Rumah Retret MariaImakulata menjadi bagian dari Wisata Rohani Goa Maria Kaliori. Pengelolaan dan pengembangan Goa MariaKaliori diserahkan kepada Konggregasi Oblat Maria Imakulata (OMI) yang memiliki kharisma di dalam pengelolaan Goa Maria di berbagai negara di dunia.  

Akses untuk menuju lokasi ada dua alternatif:

  • Jakarta/Bandung - Wangon - Buntu - Gombong/Yogyakarta
    Dari arah Bandung, sampai di pertigaan Buntu belok ke kiri menuju Purwokerto melewati Banyumas dan Sokaraja, setelah melewati Sungai Serayu di antara jalan berkelok-kelok di sebelah kanan ada papan nama besar Goa Maria Kaliori.
     
  • Jakarta - Purwokerto - Gombong/Yogyakarta
    Dari arah Purwokerto setelah melewati Sokaraja (terkenal dengan getuknya) dan setelah pabrik Gula Kalibagor, di sebelah kiri ada ada papan nama besar Goa Maria Kaliori.

Sejak berdirinya Gua Maria Kaliori hingga kini, ada beberapa bangunan/sarana dan prasarana yang terus ditambahkan, seperti Taman Rosario Hidup, Aula St Yoseph, toko souvenir Gua Maria, pendopo, makam Uskup dan para Imam, jalan-jalan beraspal menuju Gua Maria, Sakristi, ruang Pengakuan Dosa, MCK, makam umum, lahan parkir, pos satpam, area Jalan Salib, perumahan karyawan, dan gereja.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
Candi Resto
Jl. Pattimura 75, Kota Salatiga
Candi Resto Salatiga - Makes You Smile. Restoran keluarga dengan menu lengkap, tempat nyaman
Rumah Makan dan Lesehan Ibu Iroh Sraten
Jl. Raya Salatiga Muncul Km 3 (Sraten - Gajah), Kota Salatiga
Rumah Makan Lesehan Ibu Iroh Sraten. Unggul dalam rasa, bermacam menu masakan, bersaing harganya
Pemancingan 1000 Taman Air
Janti, Polanharjo, Klaten, Kabupaten Klaten
Pemancingan yang tidak hanya menawarkan masakan ikan melainkan juga berbagai wahana permainan menarik seperti waterboom, aneka patung binatang, taman air, dll.

  Saran Akomodasi
Laras Asri Resort & Spa
Jl. Jendral Sudirman No. 335, Kota Salatiga
Sebuah resort tradisional yang indah dan nyaman di Salatiga menjadikan Laras Asri Resort & Spa sebuah pilihan terbaik untuk beristirahat dan berlibur.
Kayu Arum Resort
Jl. Magersari Ringinawe Tegalrejo, Kota Salatiga
Kayu Arum is a world-class resort offering the finest accommodation, dining and body treatments. Experience the pleasure of revitalizing the senses in a unique and enchanting resort atmosphere.
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.