Situs Gajah Indra Batang

Kabupaten Batang

Informasi Umum
 Data diperbarui: Kamis, 21 Januari 2016

Nama Objek : Situs Gajah Indra Batang
Lokasi : Desa Brokoh, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Peradaban kuno yang masih populer  dan masih hangat-hangatnya jadi bahan pembicaraan di Kecamatan Wonotunggal ini adalah cagar budaya purbakala yang berada di Desa Silurah yang berupa komplek arca Ganesha. Selain di Silurah,  di Desa Brokoh juga terdapat situs Peradaban kuno yang berupa Batu Gajah / Gajah Indra yang tepatnya berada di dukuh Kupang + 1km dari pusat pemerintahan Desa Brokoh.

Batu Gajah atau patung Gajah Indra merupakan peninggalan purbakala yang terdapat di Desa Brokoh Kecamatan Wonotunggal yang tepatnya +  200 m di tepian aliran sungai kupang tersebut berukuran 90 x 60 cm dan ketebalan 30 cm.Pada satu sisinya terdapat relief manusia berjongkok dibawah badan gajah yang berdiri,disisi lainnya terdapat relief anak kecil dan tangan orang dewasa seolah meletakan anaknya dipunggung gajah,namun yang patut disayangkan bentuk arca tersebut sudah tidak lengkap lagi karena bagian belailainya telah patah dirusak oleh orang tidak bertanggung jawab.

Masyarakat sekitar mempercayai bahwa peninggalan ini merupakan patung langka. Di dunia hanya ada dua buah, salah satunya berada di India. Di situs tersebut juga terdapat pula arca lainya yang banyak tercecer di  areal persawahan penduduk namun yang sudah dijadikan 1 lokasi hanya ada 3 macam arca Gajah Indra dan yang  dua lainya oleh warga arca-arca  tersebut ada yang  disebut Batu Ronggeng karena memang menyerupai Ronggeng (Penari Jawa) namun kondisinya sudah tidak utuh lagi karena bagian kepalanya sudah tidak ada dan  yang  satu lagi disebut batu lumpang (tempat menumbuk padi tradisonal)  namun sepintas kalau diamati juga  menyerupai piramida kecil.

Akses jalan yang ada menuju situs tersebut dari jalan desa menuju lokasi + 300 m belum permanen perlu adanya perhatian dari Pemerintah Kabupaten Batang khususnya Dinas Pariwisata agar kedepan diharapkan akan  menjadi salah satu tempat tujuan wisata situs purbakala di Kabupaten Batang dan bahan penelitian.
 


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
Joglo Nugroho Ngampin
Jl. MGR Soegijapranoto Ngampin, Ambarawa, Kabupaten Semarang
Merupakan Restoran dengan konsep joglo dengan yang berada di Kab. Semarang. Terletak di Jl. MGR Soegijapranoto Ngampin, Ambarawa atau jalur Ambarawa - Magelang.
Pemancingan Andheng-Andheng
Jl. Blater RT 01 RW 06 Ds. Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang
Pemancingan Andheng-Andheng Blater, Jimbaran. Spesial ikan bakar madu.
BELUTNYA MBAH KHOBER 2
Jl. Salatiga - Muncul Km. 08, Kabupaten Semarang
Belutnya Mbah Khober, nama ini seakan menjadi trademark olahan belut yang lezat. Berbagai Olahan belut seperti belut original, belut krispi, dan belut penyet dapat ditemukan disini.

  Saran Akomodasi
Griya Puspita Bonsai
Jl. Raya Lemah Abang KM 3 Bergas Kidul, Bandungan, Kabupaten Semarang
Griya Puspita Bonsai merupakan Convention Hall yang menawarkan suasana yang unik dengan hamparan bonsai yang indah.
The Wujil Resort & Conventions
Jl. Soekarno-Hatta Km 25,5 Ungaran, Kabupaten Semarang
Nestled in four hectares of greenery and pure nature and strategically located in the triangle of 3 cities: Semarang, Solo & Yogyakarta, the Wujil Resort & Conventions – managed by TAUZIA Hotel Management offers a natural backdrop which makes it an idea
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.