Kabupaten Boyolali



SELAMAT DATANG DI Kabupaten Boyolali

Kabupaten Boyolali terletak 25 km sebelah barat kota Surakarta. Sebagian besar wilayahnya adalah dataran rendah dan daerah pegunungan di sebelah barat dengan puncaknya gunung Merapi dan gunung Merbabu. Sedangkan pada dataran rendah banyak ditemui sawah, sumber air alami, dan sungai-sungai utama.


  BAGAIMANA KE Kabupaten Boyolali
  • Wilayah Kabupaten Boyolali dilewati jalan negara yang menghubungkan Semarang-Solo. Selain itu juga terdapat jalur alternatif dari Semarang menuju Sragen melalui Karanggede. Rata-rata seluruh pelosok kecamatan di Boyolali sudah mudah dijangkau sarana transportasi. Bandara Internasional Adi Sumarmo pun secara geografis masuk wilayah kabupaten Boyolali.
     
  • Jarak dari Kabupaten Boyolali ke :
    • Jakarta : 544 Km
    • Semarang : 80 Km
    • Surabaya : 289 Km
    • Surakarta : 27 Km
    • Yogyakarta : 56 Km

  KULINER KHAS
 

JADAH
Jadah diproses dari bahan ketan yang dikukus dengan daun pandan sampai setengah matang, kemudian diangkat dan dituangi dengan santan, lalu ditambah garam. Setelah itu dikukus lagi dengan api sedang hingga santan terserap ketan. Setelah matang diangkat lalu ditumbuk. Proses akhir bahan ini diletakan pada nampan dan siap di sajikan.

     
 

SOTO
Soto khas Boyolali memiliki ciri kuah bening (tanpa santan) dan disajikan dalam porsi kecil. Nasi yang telah disiapkan di dalam mangkuk diberi tauge dan suiran ayam/daging sapi, kemudian disiram kuah soto. Selanjutnya ditaburi bawang merah goreng, daun bawang, dan daun seledri. Beberapa warung Soto yang ada di Boyolali, antara lain: Soto Ndelik, Soto Seger, Soto Sedap, dan Soto Omprong.

     
 

SUSU MURNI
Selain pusat kuliner Soto, Boyolali juga dikenal sebagai pusat penghasil susu sapi perah terbesar di Jawa Tengah. Tak hanya untuk kebutuhan industri, susu sapi segar juga dijajakan di warung-warung yang buka menjelang sore hingga malam hari.

     
  MARNING
Marning merupakan camilan tradisional yang terbuat dari jagung yang digoreng. Rasa yang ditawarkan adalah manis, pedas, presto, gepuk, dan lain-lain. Permintaan yang paling banyak terjadi menjelang lebaran sebagai suguhan di rumah maupun oleh-oleh mudik.

 

  PROMO ISTIMEWA