Umbul Tirto Marto

Kabupaten Boyolali

Informasi Umum
 Data diperbarui: Kamis, 21 Januari 2016

Nama Objek : Umbul Tirto Marto
Lokasi : Desa Dukuh, Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
Harga Tiket : · tiket masuk : Rp 2000,-/perorang · masuk kolam renang : Rp 10.000,- jika anda membawa mobil/motor akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir
Koordinat GPS : -7.552815, 110.675490

Dahulu, Umbul Tirto Marto / Pengging merupakan pemandian Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sri Paduka Susuhunan Paku Buwono X beserta kerabatnya. Umbul Pengging terletak di Desa Dukuh, Kec. Banyudono dan selalu ramai pada dua hari menjelang bulan puasa diadakan karena digunakan sebagai salah satu lokasi padusan. Di kawasan ini terdapat 3 (tiga) buah pemandian, antara lain Pemandian Umbul Manten, Pemandian Umbul Ngabean, Pemandian Umbul Dudo.

Berdasarkan bahasa umum, “Umbul” dapat diartikan sebagai “sumber air” sementara “Pengging” adalah nama penguasa jaman dulu di kawasan itu, yakni Ki Ageng Pengging. Dan sumber air di dalam pemandian Umbul Pengging atau yang juga dikenal dengan nama Tirta Marta terdapat sebanyak tiga sumber air (umbul). Ketiga umbul yang ada di pemandian ini yaitu Umbul Temanten, Umbul Duda dan Umbul Ngabean.

UMBUL TEMANTEN

Lokasi ini terdapat di bagian depan pemandian dan bersebelahan dengan lokasi parkir pemandian. Kolam pemandian Umbul Temanten dikelilingi oleh tembok pagar dengan dua pintu masuk dan keluar yang menyerupai bangunan joglo berada di masing-masing ujung.

Menurut cerita masyarakat, asal mula Pemandian Umbul Temanten berawal dari kunjungan Sri Paduka Susuhunan Paku Buwono X yang melihat dua buah sumber air (umbul) yang terletak berdekatan di area Umbul Temanten ini. Setelah melihat kedua umbul tersebut, Sri Paduka Susuhunan Paku Buwono X kemudian berdoa kepada Tuhan agar kedua umbul tersebut dipersatukan. Setelah selesai berdoa, akhirnya permintaan Sri Paduka Susuhunan Paku Buwono X itu dikabulkan Tuhan. Bersatunya kedua umbul itu kemudian diberi nama Umbul Temanten yang diibaratkan menyatunya dua mempelai yang rukun menjadi satu. Peristiwa itu juga sekaligus mengandung piwulang (nasehat) kepada masyarakat bahwa dalam mengarungi hidup berumah tangga, suami isteri harus bisa menjalin hubungan yang rukun.

UMBUL DUDA

Umbul Duda berada di belakang Umbul Temanten. Umbul Duda ini memiliki bentuk persegi panjang. Kedalaman air di lokasi ini kurang lebih hanya 40 cm. Umbul Duda lebih sering digunakan untuk bermain oleh wisatawan anak-anak. Tentu saja karena kedalaman air yang memang aman bagi anak-anak untuk bermain. Dan seperti juga di Umbul Temanten, di samping umbul ini berderet kamar ganti dan kamar bilas yang dapat digunakan oleh pengunjung.

UMBUL NGABEAN

Umbul Ngabean terdapat di sebelah Umbul Temanten. Bangunan yang mengelilingi umbul ini juga tampak berbeda dengan dua bangunan sebelumnya. Bangunan besar mirip bangunan benteng menjadi pintu masuk ke kolam pemandian Umbul Ngabean.

Dua arca berada di kanan dan kiri gerbang masuk sementara pohon-pohon besar dan rindang juga tumbuh di depan bangunan. Begitu memasuki pintu depan, pengunjung akan berada dalam bangunan yang menyerupai beranda rumah dengan tembok yang dihiasi gambar-gambar raja penguasa Keraton Kasunanan Surakarta.

Bentuk kolam Umbul Ngabean berbeda dengan kolam pemandian yang berbeda. Di sini kolam pemandian berbentuk bundar dengan garis tengah sepanjang 26 meter. Memiliki kedalaman air di 150 cm dengan air yang sangat jernih dengan dasar kolam yang sama alaminya berupa bebatuan kecil.

Di tepi kolam dilengkapi dengan beberapa tempat duduk yang lengkap dengan payung peneduh. Terdapat pula pepohonan yang berdaun rindang di sekitar kolam pemandian yang juga menjadi peneduh alami. Di lokasi ini terdapat pula kamar ganti dan bilas yang dapat dimanfaatkan pengunjung.

Selain tiga umbul tadi, pemandian Umbul Pengging juga dilengkapi dengan kolam renang komplit dengan permainan air yang diperuntukan bagi pengunjung anak-anak. Kawasan wisata air ini juga dilengkapi dengan beberapa warung makan termasuk pemancingan yang berlokasi di dekat tiga umbul tadi.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
RM HARMONI
JL. Raya Kertek KM 5,8, Kertek, Kabupaten Wonosobo
RM Harmoni merupakan restoran di Wonosobo yang menawarkan kenyamanan dan menu spesial ayam taliwang dan plecing kangkung.
PONDOK MAKAN DAN PEMANCINGAN REJOSARI
Jl. Mayor Kusen KM 3 Selak Pabelan, Mungkid, Kabupaten Magelang
Pondok Makan dan Pemancingan Rejosari, nikmati bersantai bersama keluarga di tempat yang asri sambil menikmati santapan lezat.
Joglo Agung Resto & Gallery
Jl. Raya Lemah Abang Km 3.6 - Bandungan, Kabupaten Semarang
Perpaduan unik Antique Gallery dan Restoran dengan konsep masakan rumahan jawa pranakan yang sehat tanpa MSG...dan harga bersahabat! Terletak di kaki Gunung Ungaran dengan udara yang sejuk dan pemandangan lampu kota Semarang di malam hari ... cocok untuk

  Saran Akomodasi
Laras Asri Resort & Spa
Jl. Jendral Sudirman No. 335, Kota Salatiga
Sebuah resort tradisional yang indah dan nyaman di Salatiga menjadikan Laras Asri Resort & Spa sebuah pilihan terbaik untuk beristirahat dan berlibur.
The Wujil Resort & Conventions
Jl. Soekarno-Hatta Km 25,5 Ungaran, Kabupaten Semarang
Nestled in four hectares of greenery and pure nature and strategically located in the triangle of 3 cities: Semarang, Solo & Yogyakarta, the Wujil Resort & Conventions – managed by TAUZIA Hotel Management offers a natural backdrop which makes it an idea
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.