Kabupaten Brebes



SELAMAT DATANG DI Kabupaten Brebes

Kabupaten yang terletak di wilayah jalur pantura bagian barat Jawa Tengah ini selalu dikaitkan dengan komoditas bawang merah dan telur asin.

Kabupaten Brebes dari aspek daerah, sosial, dan ekonomi merupakan pintu masuk jalur pantai utara dari Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, menuju Jawa Tengah, Jawa Timur, serta Yogyakarta.

Letak geografis Kabupaten Brebes berada di antara 108" 41" 37" - 100" 11" 29" garis bujur timur dan 6"44"56,5"-7"20"51,48" garis lintang selatan dengan jarak terjauh utara selatan 59 kilometer dan barat timur 50 kilometer.

Wilayah adiministrasi Kabupaten Brebes terbagi menjadi 17 kecamatan terdiri atas 292 desa dan lima kelurahan dengan luas wilayah 166,117 hektare yang terdiri atas lima kecamatan merupakan wilayah pantai, sembilan kecamatan dataran rendah, dan tiga kecamatan dataran tinggi atau perbukitan.
 


  BAGAIMANA KE Kabupaten Brebes
  • Ibukota kabupaten Brebes terletak sekitar 173 km sebelah barat Kota Semarang, atau 310 km sebelah timur Jakarta. Kabupaten ini dilalui jalur pantura, dan menjadi pintu masuk utama Jawa Tengah di sisi barat dari arah Jakarta/Cirebon, sehingga Brebes memiliki posisi yang cukup strategis. Selain itu, juga terdapat jalan provinsi sebagai jalur alternatif menuju ke kota-kota di Jawa Tengah bagian selatan seperti Purwokerto, Kebumen, dan Yogyakarta.

  • Terdapat pula Jalan Tol yang menguhubungkan propinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah yaitu ruas jalan tol Kanci - Pejagan sepanjang 35 KM yang 12 KM di antaranya melintasi wilayah Kabupaten Brebes yang pintu gerbangnya terdapat di desa Tegongan.Dengan adanya jalan tol ini, lalu-lintas semakin lancar terutama untuk yang menuju arah Purwokerto/Yogyakarta apalagi saat musim mudik lebaran.

  • Ada dua jalur rel kereta api dari arah Jakarta/Cirebon, yakni jalur menuju timur (Semarang) dan jalur menuju selatan (Purwokerto). Stasiun kereta api utama adalah Stasiun Brebes, di samping stasiun lainnya seperti: Tanjung, Kersana, Ketanggungan, Larangan, Bumiayu, dll.

  • Jarak dari Kabupaten Brebes ke :
    • Jakarta : 310 Km
    • Semarang : 173 Km
    • Surabaya : 486 Km
    • Surakarta : 268 Km
    • Yogyakarta : 248 Km

  KULINER KHAS
 

TELUR ASIN
Adalah jenis kuliner khas Brebes yang terbuat dari olahan telur bebek yang diawetkan dengan cara diasinkan atau diberi garam. Telur asin Brebes sangat cocok sebagai oleh-oleh karena tahan lama dan dapat ditemui di sepanjang jalan pantura.

     
 

SATE BLENGGONG
Blenggong adalah jenis hewan hasil perkawinan silang antara bebek (jantan) dan enthog (betina). Sate daging blenggong ini lebih rendah lemak, empuk dan tidak amis. Penyajian sate blengong lebih nikmat dipadukan dengan makanan menggunakan ketupat.

     
 

IKAN BANDENG BAKAR LUMPUR
Di Semarang dan Kendal, ikan bandeng diolah dengan cara di presto dan disajikan setelah digoreng. Sebaliknya, di Brebes, ikan bandeng dibakar di atas bara api. Sebelumnya, ikan telah diberi bumbu, dikukus, kemudian dilumuri lumpur. Lumpur berfungsi untuk melindungi ikan agar tidak hancur saat dibakar, sekaligus membantu kematangan ikan agar merata hingga bagian dalam.

 

  PROMO ISTIMEWA