Kabupaten Cilacap



SELAMAT DATANG DI Kabupaten Cilacap

Kabupaten Cilacap berada di wilayah provinsi Jawa Tengah bagian selatan berbatasan dengan provinsi Jawa Barat. Cilacap merupakan daerah industri, pelabuhan, perdagangan dan kini tengah dikembangkan menjadi destinasi wisata. Untuk menuju Cilacap dapat ditempuh melalui jalur darat, laut, dan udara.


  BAGAIMANA KE Kabupaten Cilacap
  • Wilayah Kabupaten Cilacap memiliki sarana transportasi yang cukup lengkap karena memiliki infrastruktur jalan darat (kereta, dan kendaraan bermotor), laut, dan udara.
  • Kabupaten Cilacap juga dilalui jalan negara lintas Selatan Pulau Jawa, yaitu jalur Bandung-Yogyakarta-Surabaya.
  • Kabupaten Cilacap memiliki Stasiun Kereta Api yaitu Stasiun Kroya. Di stasiun ini bertemu dua jalur kereta yaitu dari Bandung dan dari Cirebon, menuju Yogyakarta/Surabaya Gubeng.
  • Kereta Api yang singgah di Stasiun Kroya diantaranya adalah KA Purwojaya (Cilacap-Jakarta Gambir), KA Serayu (Kroya-Jakarta Kota), KA Sawunggalih Utama (Kutoharjo-Jakarta Senen), KA Mutiara Selatan (Bandung - Surabaya Gubeng), KA Turangga dan KA Argo Wilis (Bandung - Surabaya Gubeng), KA Lodaya ( Bandung - Solo Balapan), KA Argo Lawu (Solo Balapan - Jakarta Gambir), KA Bima dan KA Gaya Baru Malam Selatan (Jakarta Kota - Surabaya Gubeng), KA Kuto Jaya Utara dan KA Bogowonto (Kutoharjo - Jakarta Tanah Abang), KA Bengawan (Solo Jebres - Jakarta Tanah Abang), KA Progo dan KA Gajah Wong (Lempuyangan - Jakarta Pasar Senen), KA Kahuripan (Kediri - Padalarang), KA Kutojaya Selatan (Kutoharjo - Kiara Condong)
  • Jarak dari Kabupaten Cilacap ke :
    • Jakarta : 407 Km
    • Semarang : 230 Km
    • Surabaya : 508 Km
    • Surakarta : 247 Km
    • Yogyakarta : 176 Km

  KULINER KHAS
 

BREKECEK PATHAK JAHAN DAN BREKECEK BASUR
Olahan masakan berbahan Kepala lkan Jahan (lkan Jambal Roti) atau Basur dengan bumbu rempah dan cabai rawit, sehingga rasanya segar dan pedas menggugah selera. Kuliner ini telah ditetapkan sebagai makanan khas masyarakat Cilacap melalui SK Bupati Cilacap pada November 2014.

     
 

TAHU MASAK
Merupakan sajian tahu campur atau kupat tahu seperti yang ada di daerah lain di Jawa Tengah dengan bumbu kacang, kecap dan taburan kerupuk.

     
 

MENDOAN
Tempe yang dibalut tepung bumbu dan digoreng setengah matang dan menjadi kudapan istimewa dinikmati selagi hangat.

     
 

LOTEK
Pecel dengan sayur-sayuran hijau pada umumnya namun bumbu kacangnya diulek/dibuat mendadak saat akan disajikan. Yang membedakan lotek Cilacap dengan pecel atau lotek lainnya adalah taburan bunga kecombrangnya.

  PROMO ISTIMEWA