Museum Kartini

Kabupaten Jepara

Informasi Umum
 Data diperbarui: Kamis, 21 Januari 2016

Nama Objek : Museum Kartini
Lokasi : Jl. Alun-Alun No. 1, Kecamatan Jepar, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
Buka :  Setiap Hari  Senin-Jumat : 08.00-17.00; Sabtu : 08.00-17.00, Minggu : 09.00-17.00 WIB
Koordinat GPS : -6.588718, 110.667368

Museum R.A.Kartini didirikan pada tanggal 30 Maret 1975 atas usulan wakil-wakil rakyat Jepara dan didukung bantuan dari mantan Presiden Soeharto, pada era Jepara dipimpin oleh Bupati Suwarno Djojo Mardowo, S.H. dan diresmikan pada tanggal 21 April 1977 tepat seabad peringatan R.A.Kartini oleh Bupati Jepara, Sudikto S.H. Museum ini didirikan sebagai penghargaan terhadap R.A.Kartini perintis emansipasi Wanita Indonesia. Museum R.A Kartini merupakan museum lokal yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Jepara.

BANGUNAN MUSEUM

Bangunan Museum merupakan bangunan baru dan lokasinya dekat Pendopo Kabupaten, dengan harapan akan lebih menarik masyarakat. Museum ini berdiri di atas tanah seluas 5.210 meter persegi dengan luas bangunan 890 meter persegi.

Bangunan tersebut terdiri dari tiga gedung:

  • Gedung K, seluas 590 meter persegi
  • Gedung T, seluas 130 meter persegi
  • Gedung N, seluas 190 meter persegi. Gedung N sekarang difungsikan sebagai tempat kegiatan seni.

RUANG

Museum Kartini merupakan tempat penyimpanan benda-benda peninggalan R.A. Kartini semasa hidupnya serta benda peninggalan kakaknya yaitu RMP Sosrokartono. Selain itu juga menyimpan benda-benda kuno hasil temuan di wilayah Kabupaten Jepara.

Penyajian ruang koleksi dibangi menjadi empat ruangan:

  • Ruang pertama yang merupakan badan gedung K digunakan untuk koleksi peninggalan R.A. Kartini yang berupa benda - benda serta foto semasa hidupnya.
  • Ruang kedua yang merupakan bagian dari kaki gedung K berisi peninggalan RMP Sosrokartono.
  • Ruang ketiga digunakan untuk penyajian benda - benda bersejarah dan purbakala yang ditemukan di wilayah Jepara antara lain arkeologi dan keramik serta hasil kerajinan Jepara yang terkenal seperti batik troso, ukir-ukiran, anyaman bambu dan rotan.
  • Ruang keempat merupakan gedung T yang berisi tulang ikan raksasa bernama Ikan Joko Tua, Jenisnya adalah Paus Gajah, yaitu ikan Paus yang punya belalai yang ditemukan di perairan Kepulauan Karimunjawa pada pertengahan bulan April 1989. Ikan ini memiliki panjang kurang lebih 16 meter.

FASILITAS

Fasilitas yang tersedia di Museum Kartini:

  • Cafetaria
  • Toko Sovenir
  • Toilet
  • Taman Parkir

  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
ATM SEAFOOD
Jl. Raya Magelang - Jogja KM 9 Blabak, Mungkid, Kabupaten Magelang
Area Tempat Makan (ATM) Spesial Seafood di Mungkid, Magelang.
RM HARMONI
JL. Raya Kertek KM 5,8, Kertek, Kabupaten Wonosobo
RM Harmoni merupakan restoran di Wonosobo yang menawarkan kenyamanan dan menu spesial ayam taliwang dan plecing kangkung.
Joglo Agung Resto & Gallery
Jl. Raya Lemah Abang Km 3.6 - Bandungan, Kabupaten Semarang
Perpaduan unik Antique Gallery dan Restoran dengan konsep masakan rumahan jawa pranakan yang sehat tanpa MSG...dan harga bersahabat! Terletak di kaki Gunung Ungaran dengan udara yang sejuk dan pemandangan lampu kota Semarang di malam hari ... cocok untuk

  Saran Akomodasi
Kayu Arum Resort
Jl. Magersari Ringinawe Tegalrejo, Kota Salatiga
Kayu Arum is a world-class resort offering the finest accommodation, dining and body treatments. Experience the pleasure of revitalizing the senses in a unique and enchanting resort atmosphere.
Laras Asri Resort & Spa
Jl. Jendral Sudirman No. 335, Kota Salatiga
Sebuah resort tradisional yang indah dan nyaman di Salatiga menjadikan Laras Asri Resort & Spa sebuah pilihan terbaik untuk beristirahat dan berlibur.
Graharu Boutique Hotel
Tingal Wetan RT 05 RW 02, Wanurejo, Mungkid, Kota Magelang
Graharu Boutique Hotel - boutique hotel yang unik dengan nuansa Jawa yang sangat kental