Kabupaten Kebumen



SELAMAT DATANG DI Kabupaten Kebumen

Kebumen merupakan salah satu Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang terletak di bagian selatan dengan kondisi beberapa wilayah merupakan daerah pantai dan perbukitan, sedangkan sebagian besar merupakan dataran rendah. Nama Kebumen berasal dari Ki Bumi yaitu keturunan Kerajaan Mataram. Kebumen dapat ditempuh dengan mudah dari Yogyakarta, Semarang, Bandung, Jakarta.


  BAGAIMANA KE Kabupaten Kebumen
  • Kebumen berada di jalur lintas selatan Pulau Jawa. Angkutan umum antarkota dilayani oleh bus dan kereta api. Stasiun Kebumen adalah yang terbesar, di samping stasiun kecil lainnya seperti Prembun, Kebumen, Soka, Kutowinangun, dan Gombong. Di antara kereta api yang melintasi Kebumen adalah Senja Utama dan Fajar Utama (Jakarta Pasar Senen-Yogyakarta), Argo Wilis (Bandung-Surabaya Gubeng), Bima (Jakarta Kota-Surabaya Gubeng), Logawa (Purwokerto-Jember), dan Kutojaya (Kutoarjo-Jakarta)- Sawunggalih (Jakarta-Kutoarjo).
     
  • Untuk menuju Bandara Adisutjipto, Maguwoharjo, Yogyakarta, dapat ditempuh dengan menggunakan Bus Damri tujuan Bandara, yang berpangkalan di jalan Pemuda Kebumen. Selain itu, bisa juga digunakan jasa Kereta api KRD Maguwo Ekspres (Purwokerto-Kebumen-Maguwo), langsung turun di stasiun Maguwo yang berada di lingkungan bandara.
     
  • Jarak dari Kabupaten Kebumen ke :
    • Jakarta : 448 Km
    • Semarang : 169 Km
    • Surabaya : 431 Km
    • Surakarta : 170 Km
    • Yogyakarta : 99 Km

  KULINER KHAS
 

SATE AMBAL
Bagi para pecinta sate, sate ayam di daerah Ambal, Kabupaten Kebumen, bisa menjadi pilihan tepat. Keunikan sate ayam khas Ambal ini terletak pada sausnya yang terbuat dari kacang kedelai (tempe). Biasanya, satu porsi Sate Ambal berisi 20-25 tusuk.

     
 

NASI PENGGEL
Adalah kuliner khas Kebumen yang hanya dapat dijumpai di pagi hari. Nasi Penggel cocok sebagai menu sarapan karena disajikan bersama lauk kikil dan sayur gori (nangka muda) serta kuah dengan menggunakan daun pisang. Uniknya, nasi pada menu ini dibentuk bulat-bulat meyerupai nasi kepal. Hidangan lezat ini dapat dijumpai di Alun-alun Kebumen, Jalan Utama Desa Tembana Pejaguan Kebumen dan Jalan Piere Tendean Kebumen.

     
 

YUTUK
Masyarakat sekitar Pantai Petanahan banyak yang mengonsumsi ataupun menjual kuliner berbahan dasar Yutuk karena rasanya yang gurih. Yutuk merupakan sejenis binatang laut menyerupai serangga. Yutuk goreng biasa dikonsumsi bersama pecel yang banyak dijual di warung-warung sepanjang pantai Petanahan.

     
  LANTING
Adalah makanan khas Kebumen yang dibuat dari ketela pohon. Rasanya yang gurih menjadikan makanan ini cocok untuk cemilan penyerta minum kopi atau teh. Rasa Lanting saat ini beraneka ragam ada rasa jagung bakar, bawang dll.

 

  PROMO ISTIMEWA