Gua Petruk

Kabupaten Kebumen

Informasi Umum
 Data diperbarui: Rabu, 20 Januari 2016

Nama Objek : Gua Petruk
Tipe Objek : Wisata Alam  Wisata Alam Gua
Lokasi : Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
Harga Tiket : • Dewasa : Rp. 7.500,- • Anak usia 5 (lima) tahun ke bawah : Rp. 4.000,-
Koordinat GPS : -7.703773, 109.397808

Gua Petruk merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 4,5 km dari Jatijajar menuju ke arah selatan. Didalamnya tak ada penerangan, jadi masih gelap dan lantainya masih berbatu bukan ubin.

Gua petruk memiliki 3 lantai gua,yang pertama adalah gua dasar, gua hindu dan gua petruk. Gua dasar untuk wisata umum panjangnya hanya 100 meter, stalaktit dan stalakmitnya sungguh mengagumkan sekali. Jika ingin menelusuri hingga ujung harus dengan pemandu.setelah sampai pada ujung gua anda bisa mengunjungi pantai ataupun air terjun yang berada dekat di ujung gua

Gua Hindu adalah lantai dua,gua ini buntu hanya sedikit yang berkunjung dan dijadikan tempat buat menaruh sesaji.

Gua Petruk adalah lantai paling atas,terdapat bermacam macam stalaktit dan stalamitnya. Disebut Goa Petruk, karena dalam Goa tersebutlah sebetulnya terdapat batu yang mempunyai wujud seperti hidungnya Petruk. Sayang, karena ulah Belanda yang waktu itu melakukan penambangan phosfat, hidung Petruk yang merupakan Logo dari Goa tersebut putus dan kini sudah tak kelihatan lagi.

Bukan dari hidung Petruk yang sangat mancung keindahan yang ditawarkan, tetapi panoramanya yang memang cukup indah. Untuk itu tidak ada salahnya kalau wisatawan bahkan memerlukan waktu berjam-jam berada di Goa Petruk ini.

Untuk mengunjungi Gua Petruk ini, sebaiknya kita telah mempersiapkan peralatan berupa sepatu dari plastik atau karet, sehingga tidak bisa tembus air. Jika perlu, Anda juga bisa menggunakan jasa pemandu wisata untuk menelusuri obyek ini.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
BELUTNYA MBAH KHOBER 2
Jl. Salatiga - Muncul Km. 08, Kabupaten Semarang
Belutnya Mbah Khober, nama ini seakan menjadi trademark olahan belut yang lezat. Berbagai Olahan belut seperti belut original, belut krispi, dan belut penyet dapat ditemukan disini.
Pemancingan Suharno 2
Blater RT 04 RW VI Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang
Pemancingan yang menjadi alternatif wisata kuliner di Kab. Semarang. Terletak di Jimbaran, Bandungan. Menawarkan berbagai menu ikan yang lezat dengan beragam fasilitas menarik seperti kolam renang anak, free hot spot, dll.
Istana Kuliner
Jl. Gintungan Utara No. 18 - 22 Bandungan Jawa Tengah, Kabupaten Semarang
Istana Kuliner Bandungan adalah sebuah restoran yang beroperasi di bidang kuliner dan MICE. Dengan menawarkan fasilitas gedung utama dengan luas hampir 1000m2, cafe, 2 lantai tambahan, dan fasilitas parkir yang luas membuat Istana Kuliner Bandungan menjad

  Saran Akomodasi
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.
Laras Asri Resort & Spa
Jl. Jendral Sudirman No. 335, Kota Salatiga
Sebuah resort tradisional yang indah dan nyaman di Salatiga menjadikan Laras Asri Resort & Spa sebuah pilihan terbaik untuk beristirahat dan berlibur.
Graharu Boutique Hotel
Tingal Wetan RT 05 RW 02, Wanurejo, Mungkid, Kota Magelang
Graharu Boutique Hotel - boutique hotel yang unik dengan nuansa Jawa yang sangat kental