Masjid Menara Kudus

Kabupaten Kudus

Informasi Umum
 Data diperbarui: Kamis, 21 Januari 2016

Nama Objek : Masjid Menara Kudus
Tipe Objek : Wisata Religi  Religi Islam
Lokasi : Jl. Menara, Kelurahan Kauman, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Kode Pos: 59315
Koordinat GPS : -6.804111, 110.832538

Masjid Menara Kudus atau sering juga disebut dengan Masjid Al-Aqsa atau Masjid Al-Manar ini dibangun pada tahun 1549 Masehi oleh Sunan Kudus dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama. Masjid ini memiliki bangunan yang unik, yakni serupa dengan bangunan candi. Masjid Menara Kudus ini adalah perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu.

Pendiri dan pemrakarsa Masjid Menara Kudus ini adalah Sunan Kudus. Sebagaimana para wali songo yang lainnya, Sunan Kudus memiliki cara yang amat bijaksana dalam dakwahnya. Beliau mampu melakukan adaptasi dan pribumisasi ajaran Islam ditengah masyarakat yang telah memiliki budaya mapan dengan mayoritas beragama Hindu dan Budha. Pencampuran budaya Hindu dan Budha dalam dakwah yang dilakukan Sunan Kudus, salah satunya dapat kita lihat pada Masjid Menara Kudus ini. Hal ini dapat diketahui dari enkripsi ( sandi ) pada batu yang lebarnya 30 cm dan panjang 46 cm yang terletak pada mihrab masjid yang ditulis dalam bahsa Arab.

Menara ini memiliki ketinggian 17 meter dan luas sekitar 100 meter persegi. Selain terdapatnya bangunan candi, keunikan lain yang ada di Masjid ini adalah penggunaan material batu bata yang dipasang tanpa perekat semes sebagai bahan utama bangunan. Berdasarkan cerita terdahulu, konon penataan batu bata ini hanya dengan menggosok-gosokkan batu bata yang satu dengan batu bata yang lainnya hingga lengket. Ada pula ruang wudlu yang disusun dari batu merah.pancurannyta berbentuk kepala arca berjumlah delapan buah.

Masjid ini selalu ramai pengunjung peziarah dari berbagai daerah terutama pada momen “Buka Luwur” atau sering dikenal juga dengan penggantian kain kelambu pada makam Sunan Kudus. Selain itu, pada saat “Dandhangan” yaitu tradisi menyambut kedatangan bulan Ramadhan juga ramai pengunjung.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
BELUTNYA MBAH KHOBER 2
Jl. Salatiga - Muncul Km. 08, Kabupaten Semarang
Belutnya Mbah Khober, nama ini seakan menjadi trademark olahan belut yang lezat. Berbagai Olahan belut seperti belut original, belut krispi, dan belut penyet dapat ditemukan disini.
RM CINTA RASA
Jl. Yasmudi No. 27 Muntilan, Kabupaten Magelang
Rumah makan Cinta Rasa, rumah makan di Muntilan yang menyediakan berbagai macam Chinese food, seafood, dan menu lain seperti ayam kampung goreng kremes, bebek goreng / bakar, nasi bakmoy, sop sapi, dan bakso
ATM CAFE
Jl. Raya Magelang - Bandongan, Trasan, Bandongan , Kabupaten Magelang
Cafe dengan konsep natural, spesial bebek goreng dan susu tape.

  Saran Akomodasi
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.
The Wujil Resort & Conventions
Jl. Soekarno-Hatta Km 25,5 Ungaran, Kabupaten Semarang
Nestled in four hectares of greenery and pure nature and strategically located in the triangle of 3 cities: Semarang, Solo & Yogyakarta, the Wujil Resort & Conventions – managed by TAUZIA Hotel Management offers a natural backdrop which makes it an idea
Kayu Arum Resort
Jl. Magersari Ringinawe Tegalrejo, Kota Salatiga
Kayu Arum is a world-class resort offering the finest accommodation, dining and body treatments. Experience the pleasure of revitalizing the senses in a unique and enchanting resort atmosphere.