Gardu Pandang Ketep

Kabupaten Magelang

Informasi Umum
 Data diperbarui: Rabu, 20 Januari 2016

Nama Objek : Gardu Pandang Ketep
Lokasi : Jl. Blabak Boyolali Km No.16, Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Kode Pos: 56481
Telp : (0293) 5527930
Buka :  Setiap Hari  
Harga Tiket : · Tiket Masuk Area dan Museum : Rp7.300,-/orang (Rp.300,- Asuransi Pengunjung) · Tiket Ketep Volcano Theatre : Rp7.000,-/orang · Tiket Teropong : Rp3.000,-/orang · Tiket Wisata Mancanegara : US $ 3,-/orang
Koordinat GPS : -7.494569, 110.381696

Obyek wisata Ketep merupakan Obyek wisata alam yang terletak di ketinggian 1200 mdpl. Luas area sekitar 8000 m persegi, berjarak 17 km dari Blabak Magelang kearah timur,30 km dari Kota Magelang dan 35 km dari Boyolalai. Dari kota Salatiga yang berjarak sekitar 32 km,dapat melaui Kopeng dan Desa Kaponan dan 30 km dari Candi Borobudur. Lokasi Obyek mudah dijangkau baik dengan bus besar, mini bus, sedan atau sejenisnya maupun sepeda motor.

Atas prakarsa Gubernur Jawa Tengah H.Mardiyanto, dipilih tanah berbukit ini untuk dikembangkan sebagai tempat tujuan wisata baru di jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) dengan ciri khas wisata kegunungapian. Obyek Wisata Ketep Pass diresmikan oleh Presiden RI Megawati Sukarno Putri pada 17 Oktober 2002.

Salah satu kelebihan dari Ketep dibandingkan dengan yang lain adalah luasnya pandangan mata, cocok untuk wisata keluarga, banyak fasilitas pendukung, luasnya areal wisata dan tentu saja udaranya yang sejuk. Selain itu adalah pemandangan berbagai gunung yang bisa dilihat dari sini, mulai Gunung Merapi yang menjulang, Merbabu yang seksi, Sumbing, Sindoro yang kembar, Tidar yang magis, Andong dan Pegunungan Menoreh yang kokoh.

Fasilitas yang disediakan di Ketep Pass ini cukup lengkap dan menarik. Fasilitas-fasilitas itu adalah:

  • GARDU PANDANG
    Gardu Pandang ini berupa 2 buah gazebo. Masing-masing berbentuk persegi panjang dan bangunan segi delapan dengan panjang-panjang sisi lima meter. Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, di tempat ini kedua gunung tersebut terpampang jelas. Serta hamparan lahan pertanian di kedua kaki Gunung tersebut.Sambil menikmati makanan dan minuman yang disediakan oleh pedagang disekitar Obyek.
     
  • KETEP VULKANO THEATRE
    Merupakan tempat untuk memutar film dokumenter tentang Gunung Merapi. Di tempat ini mampu menampung 78 kursi. Berbagai info tentang merapi, pendakian, letusan dan sebagainya bisa anda nikmati.
     
  • KETEP VULKANO CENTRE
    Merupakan sebuah museum yang terdapat miniatur Gunung Merapi di dalamnya, selain itu juga komputer interaktif tentang dokomen kegunungapian, contoh-contoh batu-batuan hasil letusan dari tahun ke tahun, sebuah Poster besar puncak Garuda yang berukuran 3x3 m, dan sebagainya. Museum ini memiliki luas 550 m persegi.
     
  • AREAL PARKIR
    Areal parkir yang luas dan cukup memedai untuk menampung Bus besar.
     
  • PELATARAN PANCA ARGA
    Panca Arga mempunyai arti Lima Gunung. Disinilah pengunjung bisa menikmati puncak  dari Lima Gunung panca arga yang merupakan tempat tertinggi di Obyek Wisata Ketep Pass. Dari puncak tertinggi ini pengunjung dapat melihat Lima Gunung yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Slamet. Selain kelima Gunung tersebut pengunjung masih dapat melihat dan menikmati Gunung-Gunung kecil dan Bukit-bukit yang sangat indah antara lain, Gunung Tidar, Gunung Andong, Gunung Pring, Bukit Menoreh, Bukit Telo Moyo, dll.
     
  • RESTAURANT KETEP PASS
    Pengunjung dapat menikmati menu yang disajikan di Restaurant Ketep Pass sesuai selera. Bangunan di atas ketep vulcano teatre yang berdinding kaca ini, sangat cocok untuk pengunjung sambil menyantap hidangan yang tersedia juga menikmati indahnya panorama di kaki Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.
     
  • TEROPONG
    Sebanyak dua buah yang berada di puncak Panca Arga dan Gardu Pandang. Dengan alat ini pengunjung dapat melihat dengan jelas keindahan panorama Gunung Merapi,Gunung Merbabu dan gunung-gunung yang lain.
     
  • MUSHOLA
    Luas bangunan mushola kurang lebih 10 m persegi dengan bentuk bangunan yang artistik,lengkap dengan tempat wudlu dan toilet.


Cara menuju Ke Wisata Ketep:

Tempat ini masuk di wilayah Magelang, namun sangat dekat dengan Yogya.

  • Jika menggunakan Kendaraan Pribadi: Dari arah Jogja melalui jalan Magelang, setalah keluar dari kota Muntilan anda akan sampai di pertigaan lampu merah Borobudur (jika ke kiri ke Borobudur) silakan lurus dan pertigaan berikutnya belok kanan. Ikuti jalan tersebut anda akan sampai ke Ketep pass. (direkomendasikan)
  • Menggunakan Kendaraan UMUM: dari Yogya naik bus jurusan Yogya-Semarang turun di pertigaan Blabak (Rp.10.000). lalu naik bus menuju Sawangan (Bus Purba Putra sekitar Rp.5000) lalu turun di pertigaan Sawangan lalu silakan naik bus warna pink dan turun di lokasi Wisata


 


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
RM LESTARI GROUP
Krajan I RT 17/05 Sebelah Utara POM Bensin Secang, Kabupaten Magelang
Rumah Makan Lestari, rumah makan prasmanan dengan berbagai pilihan menu istimewa khas Jawa
ATM SEAFOOD
Jl. Raya Magelang - Jogja KM 9 Blabak, Mungkid, Kabupaten Magelang
Area Tempat Makan (ATM) Spesial Seafood di Mungkid, Magelang.
ATM CAFE
Jl. Raya Magelang - Bandongan, Trasan, Bandongan , Kabupaten Magelang
Cafe dengan konsep natural, spesial bebek goreng dan susu tape.

  Saran Akomodasi
Griya Puspita Bonsai
Jl. Raya Lemah Abang KM 3 Bergas Kidul, Bandungan, Kabupaten Semarang
Griya Puspita Bonsai merupakan Convention Hall yang menawarkan suasana yang unik dengan hamparan bonsai yang indah.
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.
The Wujil Resort & Conventions
Jl. Soekarno-Hatta Km 25,5 Ungaran, Kabupaten Semarang
Nestled in four hectares of greenery and pure nature and strategically located in the triangle of 3 cities: Semarang, Solo & Yogyakarta, the Wujil Resort & Conventions – managed by TAUZIA Hotel Management offers a natural backdrop which makes it an idea