Candi Borobudur

Kabupaten Magelang

Informasi Umum
 Data diperbarui: Sabtu, 16 Januari 2016

Nama Objek : Candi Borobudur
Lokasi : Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Kode Pos: 56553
Telp : (0293) 788266
Buka :  Setiap Hari  06:00 - 17:00 WIB
Harga Tiket : • Wisatawan domestik atau pemegang KITAS: Rp 30.000 • Wisatawan domestik anak-anak: Rp 12.500 • Wisatawan mancanegara: USD 15 • Wisatawan mancanegara dengan kartu pelajar: USD 8
Koordinat GPS : -7.608831, 110.208708

Candi Borobudur merupakan sebuah candi Budha yang termegah dan merupakan kompleks stupa terbesar di dunia yang diakui oleh UNESCO. Candi ini juga merupakan monumen Budha terbesar di dunia. Bangunan Candi Borobudur secara keseluruhan menjadi galeri akan mahakarya para pemahat batu.

Candi Borobudur memiliki luas 123x123 m² dengan 504 patung Buddha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk. Bentuk candi ini beraksitektur Gupta yang mencerminkan pengaruh India. Setelah berkunjung ke sini Anda akan memahami mengapa Borobudur memiliki daya tarik bagi pengunjung dan merupakan ikon warisan budaya Indonesia.

Candi yang berbentuk stupa ini didirikan oleh penganut agama Budha pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824. Candi Borobudur dibangun 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum katedral-katedral agung di Eropa.

Arti nama Borobudur yaitu "biara di perbukitan", yang berasal dari kata "bara" (candi atau biara) dan "beduhur" (perbukitan atau tempat tinggi) dalam bahasa Sansekerta. Karena itu, sesuai dengan arti nama Borobudur, maka tempat ini sejak dahulu digunakan sebagai tempat ibadat penganut Buddha.

Pengunjung yang ingin mengikuti kisah yang terpahat pada dinding candi harus melakukan pradaksina, yakni berjalan mengitari candi searah jarum jam. Perjalanan ini dimulai dengan masuk melalui pintu timur, kemudian berjalan searah jarum jam agar posisi candi selalu ada di sebelah kanan, hingga tiba di tangga timur dan melangkahkan kaki naik ke tingkat berikutnya. Agar semua tingkat terlewati, hal ini harus dilakukan berulang-ulang hingga berada di puncak candi yang berbentuk stupa induk. Sesampainya di puncak, Anda dapat emnikmati panorama indahnya bentangan pegunungan yakni deretan Perbukitan Menoreh, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu yang berdiri tegak mengitari candi. Gunung dan perbukitan tersebut seolah-olah menjadi penjaga yang membentengi keberadaan Candi Borobudur.

Bukan hanya nilai seni yang teramat tinggi, namun Borobudur juga memiliki karya agung yang menjadi peradaban manusia pada masa lalu ini juga sarat dengan nilai filosofis. Bangunan megah ini dibagi menjadi tiga tingkatan, yakni dunia hasrat atau nafsu (Kamadhatu), dunia bentuk (Rupadhatu), dan dunia tanpa bentuk (Arupadhatu). Candi Borobudur laksana ceplok teratai di atas bukit apabila dilihat dari ketinggian.. Dinding-dinding candi yang berada di tingkatan Kamadatu dan Rupadatu sebagai kelopak bunga, sedangkan deretan stupa yang melingkar di tingkat Arupadatu menjadi benang sarinya. Stupa Induk melambangkan Sang Buddha, sehingga secara utuh Borobudur menggambarkan Buddha yang sedang duduk di atas kelopak bunga teratai.

Di candi borobudur ini pengunjung juga bisa menikmati Borobudur Sunrise dan Borobudur Sunsite dari atas candi. Mentari pagi yang menerpa stupa dan arca Buddha membuat keagungan dan kemegahan candi lebih terasa. Sedangkan berdiri di puncak candi di kala senja bersama deretan stupa dan menyaksikan sinar matahari yang perlahan mulai lindap akan menciptakan perasaan tenang dan damai.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
ATM CAFE
Jl. Raya Magelang - Bandongan, Trasan, Bandongan , Kabupaten Magelang
Cafe dengan konsep natural, spesial bebek goreng dan susu tape.
RM LESTARI GROUP
Krajan I RT 17/05 Sebelah Utara POM Bensin Secang, Kabupaten Magelang
Rumah Makan Lestari, rumah makan prasmanan dengan berbagai pilihan menu istimewa khas Jawa
PONDOK MAKAN DAN PEMANCINGAN REJOSARI
Jl. Mayor Kusen KM 3 Selak Pabelan, Mungkid, Kabupaten Magelang
Pondok Makan dan Pemancingan Rejosari, nikmati bersantai bersama keluarga di tempat yang asri sambil menikmati santapan lezat.

  Saran Akomodasi
Kayu Arum Resort
Jl. Magersari Ringinawe Tegalrejo, Kota Salatiga
Kayu Arum is a world-class resort offering the finest accommodation, dining and body treatments. Experience the pleasure of revitalizing the senses in a unique and enchanting resort atmosphere.
Graharu Boutique Hotel
Tingal Wetan RT 05 RW 02, Wanurejo, Mungkid, Kota Magelang
Graharu Boutique Hotel - boutique hotel yang unik dengan nuansa Jawa yang sangat kental
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.