Kabupaten Pekalongan



SELAMAT DATANG DI Kabupaten Pekalongan

Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu dari 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, yang berada di daerah pantura bagian barat sepanjang pantai utara laut Jawa memanjang ke selatan dengan kota Kajen sebagai ibu kota pusat pemerintahan. Menurut topografi 58 desa berada di dataran tinggi, 225 desa berada di dataran rendah, 6 diantaranya merupakan desa pantai.


  BAGAIMANA KE Kabupaten Pekalongan
  • Kabupaten Pekalongan dengan ibukotanya Kajen berada di dekat Kota Pekalongan yang berada di jalur pantura yang sangat ramai. Angkutan umum antar kota pada umumnya dilayani oleh bus. Bus yang melintasi Kota Pekalongan biasanya adalah bus dengan rute Pantura (Jakarta-Surabaya). Dari Kota pekalongan dapat dilanjutkan menuju ke daerah di sekitar Kabupaten Pekalongan menggunakan angkutan umum yang ada.
     
  • Untuk akses menggunakan kereta api, dapat melalui stasiun kereta api di Kota Pekalongan.
     
  • Jarak dari Kabupaten Pekalongan ke :
    • Jakarta : 379 Km
    • Semarang : 121 Km
    • Surabaya : 433 Km
    • Surakarta : 216 Km
    • Yogyakarta : 195 Km

  KULINER KHAS
   

Kabupaten Pekalongan memiliki kuliner khas yang hampir sama dengan Kota Pekalongan, yakni Soto Tauto, Nasi Megono, dan Pindang Tetel. Soto Tauto dapat dicicipi di Warung Soto Ojo lali, Jl. Raya Podo Kedungwuni dan Soto KTL Jl. Raya Gejlig Kajen. Sedangkan Nasi Megono dapat dinikmati di Lesehan Sego Megono di Pusat Kuliner Gemek dan Alun-alun Kajen.

     
 

APEM KESESI
Kudapan terbuat dari tepung beras yang direndam selama dua sampai tiga hari ditambah dengan gula aren, kemudian diaduk dan dicetak. Cetakan dialasi dengan daun pisang dengan diameter kurang lebih 15 cm, kemudian dikukus selama 30 menit, lalu dihidangkan sebagai teman minum teh. Dinamakan Kesesi karena kudapan ini diproduksi di Dukuh Bantul, Desa Kesesi, kecamatan Kesesi.

     
 

KLUBAN BOTHOK
Makanan khas Kabupaten Pekalongan lainnya adalah Kluban Bothok. Kluban Bothok terdiri dari rebusan sayuran kacang panjang, taoge, lembayung, dicampur dengan bumbu urap. Kluban disajikan di atas piring kemudian disiram dengan sayur bothok (semacam lodeh berisi tahu, tempe dan parutan kelapa muda) atau sambal ditambah dengan mie dan krupuk.

 

  PROMO ISTIMEWA