Kabupaten Pemalang



SELAMAT DATANG DI Kabupaten Pemalang

Kabupaten Pemalang meupakan salah satu dari 35 daerah di Jawa Tengah yang terletak di jalur strategis Jakarta-Surabaya (melalui Pantai Utara atau Pantura) sehingga daerah yang memiliki luas 101.200 hektar ini sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia terutama Pulau Jawa. Mereka yang akan bepergian dari Jakarta menuju Surabaya atau sebaliknya terutama melalui jalar darat dipastikan melalui Kabupaten Pemalang kecuali mereka yang melalui jalur selatan (Yogyakarta-Purwokerto-Tegal-Cirebon atau Yogyakarta-Purwokerto-Bandung). Kabupaten Pemalang ini berada pada jarak sekitar 135 kilometer arah barat Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yaitu Semarang dan sekitar 350 kilometer dari Jakarta.

Kabupaten Pemalang memiliki sejumlah obyek wisata yang memliki prospek yang sangat bagus untuk dikembangkan. Beberapa jenis obyek wisata yang dimiliki terdiri dari obyek pegunungan, pantai, air terjun, maupun obyek wisata buatan.

Pantai Widuri, Widuri Waterpark, Pantai Blendung, Pantai Joko Tingkir, Gunung Gajah, Goa Gunung Wangi, Curug Sibedil, Curung Barong, Bukit Mendelem, Telaga Rengganis, Telaga Silating, Kolam Renang Banyumudal Moga, Mata Air Cepaka Wulung, Air Terjun Sipendok, Air Terjun Bengkawah, Air Terjun Lawang dan juga Agropolitan Waliksarimadu merupakan beberapa obyek wisata yang ada di Kabupaten Pemalang.


  BAGAIMANA KE Kabupaten Pemalang
  • Kabupaten Pemalang berada di kawasan timur Pantura yang sangat ramai. Angkutan umum antarkota pada umumnya dilayani oleh bus. Jalur yang melintas di Kabupaten Pemalang adalah jurusan Jakarta-Surabaya.
     
  • Jarak dari Kabupaten Pemalang ke :
    • Jakarta : 341 Km
    • Semarang : 137 Km
    • Surabaya : 450 Km
    • Surakarta : 232 Km
    • Yogyakarta : 212 Km

  KULINER KHAS
 

NASI GROMBYANG
Terbuat dari rebusan daging sapi yang dipotong-potong berbentuk dadu kemudian dicampur dengan koyor atau tulang muda. Rebusan daging diberi bumbu-bumbu dan srundeng hingga matang. Nasi grombyang dihidangkan di atas mangkok kemudian ditaburi daun bawang bersama nasi. Warung makan yang menjual nasi grombyang dapat dijumpai di sekitar alun-alun Pemalang atau RM Grombyang "H. Warso", Jl. RE. Mardinata dan RM Grombyang "Waridin", Jl. Gatot Subroto, Sirandu .

     
 

KAMIR
Kue tradisional khas Pemalang ini memiliki rasa yang manis serta empuk. Kue Kamir Pemalang dibuat pertama kali oleh orang Arab, sehingga dikenal juga sebagai kue Kamir Arab. Kue Kamir berbentuk bundar pipih dengan bahan baku adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula, telur, mentega dan pisang untuk memperkaya rasa.

     
 

OGEL-OGEL
Ogel-ogel merupakan jenis makanan ringan yang terbuat dari tepung beras ketan, telur, dan keju. Adonan dimasukkan dalam sebuah tabung, kemudian dipompa sehingga adonan keluar dari lubang-lubang kecil sebesar jari kelingking. Adonan tersebut dipotong-potong dan digoreng hingga berwarna kecoklatan.

 

  PROMO ISTIMEWA