Kabupaten Purworejo



SELAMAT DATANG DI Kabupaten Purworejo

Kabupaten Purworejo terletak pada posisi 1090 47’ 28” - 1100 8’ 20” Bujur Timur dan 70 32’ - 70 54’ Lintang Selatan. Secara topografis merupakan wilayah beriklim tropis basah dengan suhu antara 140 – 280 C. Kabupaten Purworejo memiliki luas 1.034,81752 km2 dengan batas wilayah sebelah barat Kabupaten Kebumen, sebelah utara Kabupaten Magelang dan Wonosobo, sebelah timur Kabupaten Kulonprogo (DIY), dan sebelah selatan Samudera Indonesia.


  BAGAIMANA KE Kabupaten Purworejo
  • Purworejo terletak di jalur Selatan Jawa yang menghubungkan Kota Yogyakarta dengan kota-kota lain di pantai Selatan Jawa. Purworejo dapat ditempuh melalui darat menggunakan moda transportasi jalan raya dan kereta api.
     
  • Stasiun besar di kabupaten ini terletak di Kutoarjo yang disinggahi kereta api ekonomi jurusan Bandung Kiaracondong - Stasiun Yogyakarta, Bandung -Madiun dan Purwokerto - Surabaya serta kereta bisnis seperti Senja Utama Solo dan Senja Utama Yogya. Kereta eksekutif yang singgah di stasiun ini adalah Taksaka II. Dari stasiun Kutoarjo sendiri juga memberangkatkan kereta api sendiri yaitu Sawunggalih Utama jurusan Purworejo - Jakarta Pasar Senen serta Sawunggalih Selatan jurusan Purworejo - Bandung.
     
  • Terminal bis utama di kabupaten ini terletak di antara Purworejo - Kutoarjo tepatnya di kecamatan Banyuurip. Sementara itu, Purworejo menghubungkan kota-kota Kebumen di sebelah barat, Wonosobo di sebelah utara, Magelang di sebelah timur laut, dan kota Wates (Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta) di sebelah timur.
     
  • Jarak dari Kabupaten Purworejo ke :
    • Jakarta : 491 Km
    • Semarang : 127 Km
    • Surabaya : 377 Km
    • Surakarta : 116 Km
    • Yogyakarta : 51 Km

  KULINER KHAS
 

CLOROT
Makanan ringan yang menyerupai jenang ini terbuat dari tepung beras, dicampur gula merah, santan kelapa, sedikit garam dan daun pandan sebagai aroma. Adonan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam wadah dari janur kuning yang diulin membentuk kerucut, lalu dikukus. Clorot dapat dijumpai di pasar-pasar tradisional.

     
 

DAWET HITAM
Atau lebih dikenal dengan Dawet Ireng menjadi salah satu kuliner khas dari Kabupaten Purworejo. Dawet yang diberi pewarna hitam dari "merang" ini cocok disajikan dengan santan dan gula merah dan banyak dijumpai di Kecamatan Butuh, Kecamatan Banyuurip, Kecamatan Purworejo.

     
 

GEBLEK
Makanan gurih yang terbuat dari tepung ketela (pati) yang digoreng.

     
 

KUE LOMPONG
Terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan kumbu kacang tanah. Adonan kemudian dibungkus menggunakan daun pisang yang kering (karas) kemudian dikukus.

     
 

SATE WINONG
Sate daging kambing dengan bumbu kecap dan dapat dijumpai di Desa Winong.

 

  PROMO ISTIMEWA