Candi Gedong Songo

Kabupaten Semarang

Informasi Umum
 Data diperbarui: Sabtu, 16 Januari 2016

Nama Objek : Candi Gedong Songo
Lokasi : Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Telp : 50614
Buka :  Setiap Hari  06.15 - 17.15 WIB
Koordinat GPS : -7.208163, 110.341726

Candi Gedong Songo merupakan sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu. Letaknya yang berada di ketinggian 1.200 mdpl tepat di kaki Gunung Ungaran membuat suhu udara di kawasan candi menjadi sangat sejuk yaitu sekitar 19° - 27° Celcius.

Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa, Gedong (rumah/bangunan) dan Songo (sembilan) yang berarti Sembilan (Kelompok) Bangunan. Namun saat ini hanya ada 5 komplek candi. Candi ini diketemukan oleh Raffles ada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi). Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo.

Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda.

Lokasi Candi Gedong Songo sangat mudah di jangkau dari berbagai kota yang ada di sekitarnya. Lokasinya merupakan jalur deretan alternatif Ungaran – Temanggung. Apabila Petualang memulai dari Kota Semarang cukup ke selatan menuju Kota Ungaran – Bandungan – Gedong Songo. Bisa di tempuh dengan waktu 1 jam perjalanan. Apabila dari Yogyakarta bisa melalui Kota Ambarawa (Tugu Palagan Ambarawa) – Bandungan – Gedong Songo, waktu perjalanan sekitar 2 jam.

SEJARAH CANDI GEDONG SONGO

Sejarah Candi Gedong Songo diawali pada tahun 1740 oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Pada saat itu Raffles hanya menemukan 7 buah bangunan candi sehingga dia menyebutnya dengan Candi Gedong Pitu, “pitu“ dalam bahasa Jawa berarti tujuh.

Van Stein Callenfels seorang arkeolog dari Belanda pada tahun 1908 – 1911 melakukan penelitian di lokasi kompleks candi ini dan kemudian menemukan juga 2 bangunan candi lain, sehingga total candi yang ditemukan menjadi 9 buah. Dengan ditemukannya 2 candi lain ini, maka nama Gedong Pitu berubah nama menjadi Gedong Sanga.

Pada tahun 1928 – 1929 dilakukan pemugaran terhadap Candi Gedong I dan Candi Gedong II. Sedangkan pemerintah Indonesia sendiri melakukan pemugaran total terhadap Candi Gedong Songo antara tahun 1972 – 1982.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
Joglo Agung Resto & Gallery
Jl. Raya Lemah Abang Km 3.6 - Bandungan, Kabupaten Semarang
Perpaduan unik Antique Gallery dan Restoran dengan konsep masakan rumahan jawa pranakan yang sehat tanpa MSG...dan harga bersahabat! Terletak di kaki Gunung Ungaran dengan udara yang sejuk dan pemandangan lampu kota Semarang di malam hari ... cocok untuk
Pemancingan Andheng-Andheng
Jl. Blater RT 01 RW 06 Ds. Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang
Pemancingan Andheng-Andheng Blater, Jimbaran. Spesial ikan bakar madu.
Kampoeng Rawa
Jl. Lingkar Ambarawa KM 3 Ambarawa, Kabupaten Semarang
Kampoeng Rawa merupakan tujuan wisata yang terletak di tepi danau Rawa Pening Ambarawa, dengan view yang menarik dan berbagai wahana permainan

  Saran Akomodasi
The Wujil Resort & Conventions
Jl. Soekarno-Hatta Km 25,5 Ungaran, Kabupaten Semarang
Nestled in four hectares of greenery and pure nature and strategically located in the triangle of 3 cities: Semarang, Solo & Yogyakarta, the Wujil Resort & Conventions – managed by TAUZIA Hotel Management offers a natural backdrop which makes it an idea
Griya Puspita Bonsai
Jl. Raya Lemah Abang KM 3 Bergas Kidul, Bandungan, Kabupaten Semarang
Griya Puspita Bonsai merupakan Convention Hall yang menawarkan suasana yang unik dengan hamparan bonsai yang indah.
Kayu Arum Resort
Jl. Magersari Ringinawe Tegalrejo, Kota Salatiga
Kayu Arum is a world-class resort offering the finest accommodation, dining and body treatments. Experience the pleasure of revitalizing the senses in a unique and enchanting resort atmosphere.