Kabupaten Sukoharjo



SELAMAT DATANG DI Kabupaten Sukoharjo

Menempati posisi geografis yang strategis di wilayah Solo Raya, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, memiliki prospek cerah dalam mengembangkan daerah di masa mendatang. Dengan memiliki luas wilayah sekitar 46.666 hektare, kabupaten ini memiliki banyak potensi. Bukan hanya sektor pertanian dalam arti luas yang menjadi andalan perekonomian warganya, Kabupaten Sukoharjo juga menjadi lokasi industry besar, termasuk Sritex, yang merupakan pemasok seragam militer ke berbagai negara. Sukoharjo secara geografis terletak pada posisi 110" 42" 06.79" Bujur Timur - 110" 57" 33.70" Bujur Timur dan 7" 32" 17.00" Lintang Selatan - 7" 49" 32.00" Lintang Selatan.


  BAGAIMANA KE Kabupaten Sukoharjo
  • Kabupaten Sukoharjo dapat dengan mudah diakses melalui jalur darat karena lokasinya dekat dengan Kota Surakarta dan Wonogiri.
     
  • Beberapa rute angkutan yang melalui Kabupaten Sukoharjo adalah jurusan Solo - Wonogiri, Boyolali - Sukoharjo, dan angkutan kota jurusan Solo - Sukoharjo.
     
  • Jarak dari Kabupaten Sukoharjo ke :
    • Jakarta : 585 Km
    • Semarang : 122 Km
    • Surabaya : 256 Km
    • Surakarta : 15 Km
    • Yogyakarta : 64 Km

  KULINER KHAS
 

TENGKLENG MBAK DIAH
Terletak di perbatasan Solo dan Sukoharjo, tepatnya di Jl. Yos Sudarso, menu utama yang disediakan warung makan ini adalah tengkleng, yaitu masakan berbahan dasar kaki dan kepala kambing muda yang diolah secara khusus sehingga mempunyai citarasa yang spesial.

     
 

BEBEK GORENG H. SLAMET
Menyajikan olahan khusus bebek dengan bumbu pilihan dan telah dikenal hingga keluar Sukoharjo. Rumah makan ini terletak di Sedah Roro Lor, Kartasura.

     
 

JENANG KRASIKAN
Makanan khas Sukoharjo yang berbahan dasar beras ketan, santan, gula merah yang diolah menjadi jenang dodol ini memiliki cita rasa khas tersendiri.

     
 

GEMPOL PLERET
Minuman segar khas Sukoharjo dan sekitarnya yang terdiri dari gempol dan pleret. Gempol terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulat pipih, sedangkan Pleret dicampur dengan gula jawa sehingga berwarna coklat serta berbentuk pipih. Gempol Pleret disajikan di dalam mangkuk atau gelas dicampur dengan kuah santan dan cairan gula beraroma pandan.

 

  PROMO ISTIMEWA