Wana Wisata Guci

Kabupaten Tegal

Informasi Umum
 Data diperbarui: Kamis, 21 Januari 2016

Nama Objek : Wana Wisata Guci
Lokasi : Terletak di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal., Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
Telp : -

WANA WISATA GUCI

 

Taman Wisata Guci atau sering juga dikenal dengan Guci Indah merupakan objek wisata yang memiliki luas 210 ha, terletak di kaki Gunung Slamet bagian utara dengan ketinggian kurang lebih 1.050 meter. Dari kota Slawi berjarak ± 30 km sedangkan dari kota Tegal berjarak tempuh sekitar 40 km ke arah selatan.

Terdapat sekitar 10 air terjun yang berada di daerah Guci. Di bagian atas pemandian umum pancuran 13, terdapat air terjun dengan air dingin bernama Air Terjun Jedor. Dinamai begitu karena dulu tempat di sekitar air terjun setinggi 15 meter itu adalah milik seorang Lurah yang bernama Lurah Jedor. Untuk berkeliling di sekitar obyek wisata dapat dilakukan dengan menyewa kuda dengan tarif sewa yang relatif murah. Air yang mengalir dari pancuran 13 dipercaya bisa menyembuhkan penyakit seperti rematik, koreng serta penyakit kulit lainnya.

Sejarah

Berawal dari sebuah pedukuhan yang bernama Kaputihan, yang berarti belum tercemar. Baik oleh agama lain maupun readaban lain. Istilah Kaputihan pertama kali yang memperkenalkan adalah Beliau yang dikenal dengan Kyai Ageng Klitik (Kyai Klitik) yang nama sesungguhnya adalah Raden Mas Arya Hadiningrat asal dari Demak. Setelah Beliau Kyai Klitik menetap dan tinggal cukup lama di Lereng Gunung Slamet (kampung Kaputihan) maka banyak warga yang berdatangan dari tempat lain sehingga kampung Kaputihan menjadi ramai.

Suatu ketika datanglah Syech Elang Sutajaya utusan Sunan Gunungjati (Syeh Syarief Hidayatulloh) dari pesantren Gunungjati Cirebon untuk syiar islam.Dan kebetulan di kampung Kaputihan sedang terjadi pagebluk (bencana alam, penyakit merajalela, tanaman diserang hama dsb), sehingga Beliau Elang Sutajaya memohon petunjuk kepada Alloh SWT dengan semedi kemudian Alloh SWT member petunjuk, supaya masyarakat kampung Kaputihan meningkatkan iman dan taqwanya kepada Alloh SWT dengan menggelar tasyakuran, memperbanyak sedekah dan yang terkena wabah penyakit khususnya gatal-gatal agar meminun air dari kendi (Guci) yang sudah dido’akan oleh Sunan Gunungjati. Dalam kesempatan itu pula Sunan Gunungjati berkenan mendo’akan sumber air panas di kampong Kaputihan agar bisa dipergunakan untuk menyembuhkan segala penyakit. Semenjak itu karena kendi (guci) berisi air yang sudah dido’akan oleh Sunan Gunungjati ditinggal dikampong Kaputihan dan selalu dijadikan sarana pengobatan. Maka sejak saat itu masyarakat sekitar menyebut-nyebut Guci-guci. Sehingga Kyai Klitik selaku Kepala Dukuh Kaputihan Merubahnya menjadi Desa Guci, dan Beliau sebagai Lurah pertamanya.
Guci peninggalan Elang Sutajaya itu berada di Musium Nasional setelah pada pemerintahan Adipati Brebes Raden Cakraningrat membawanya ke Musium.

Akses
Dari arah semarang, pengunjung dapat menggunakan bus jurusan Semarang - Tegal. Setelah sampai di Terminal Tegal, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan mengunakan angkutan umum (minibus) menuju desa Tuwel yang memakan waktu sekitar 30 hingga 45 menit. Dari Tuwel, perjalanan dilanjutkan dengan kendaraan bak terbuka menuju Guci. dengan kendaraan tersebut, perjalanan sekitar 30 menit menuju Pemandian Air Panas Guci.


FASILITAS UMUM

1.     Pemandian Air panas terbuka :

-          Pancuran 13

-          Pancuran  7

-          Pancuran 5

-          Kolam renang (Duta Wisata, Barokah, Mega indah)

2.      Pemandian Air panas tertutup :

-          Ada 20 kamar tertutup

3.      Wisata alam :

-          Out bound

-          Wana wisata

-          Pendakian bukit perkasa

4.      Kuda wisata :

OW Guci ada 43 kuda wisata terlatih

 

5.      Hotel :
Jumlah Hotel di Obyek Wisata Guci :

-          Hotel Duta Wisata

-          Hotel Mega indah

-          Hotel Brahma Lestari

-          Hotel Bukit Indah

-          Hotel Permata hijau

-          Hotel Guci Mas

-          Hotel Guci kencana

-          Hotel Janoko

 

6.      Villa
Ada 14 Villa di OW Guci

 

7.      Pondok Wisata

 

Yang dimaksud Pondok wisata adalah Rumah penduduk yang disewakan untuk pengunjung (data terlampir) yang telah mendapat izin oleh UPTD pengelola OW Guci.

 

8.     Kios souvenir

Disediakan Cinderamata produksi hasil Home industry masyarakat Desa Guci yaitu, manisan ciremai, papaya, Jus strawberry, dll.

 

Agro Wisata

Di Obtek Wisata Guci ada berbagai tanaman yaitu :

-          Kebun strawberry

-          Kebun wortel

-          Kebun kubis

 

10.   Air Terjun dan Mata air :

-          Air terjun Jedor

-          Air terjun sruwit

-          Air terjun sigedong

-          Air terjun pengantaian

-          Air terjun kembar

-          Air terjun awu

-          Air terjun capit urang

 

11.  Mata Air (TUK) :

-          Tuk vagina

-          Tuk sengang

-          Tuk konyal

-          Tuk kesepuhan

-          Tuk pengasihan

-          Tuk teyeng

 

FASILITAS SOSIAL

1.    Musholla

2.   WC/ Toilet

3.    Parkir

Ada 3 tempat, yaitu :    

-          Pasar (khusus kendaraan besar)

-          Terminal atas (untuk kendaraan kecil)

-          Terminal bawah (untuk kendaraan truk/Bus)

 


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
Candi Resto
Jl. Pattimura 75, Kota Salatiga
Candi Resto Salatiga - Makes You Smile. Restoran keluarga dengan menu lengkap, tempat nyaman
Rumah Makan Prasmanan Mbak War
Jl. Fatmawati RT 4 RW 7, Cikal, Tuntang, Kabupaten Semarang
Pemancingan Banyu Bening
Jl. Patimura KM 1, Domas, Kota Salatiga
Pemancingan dengan nuansa alam di kota Salatiga, sangat cocok untuk segala acara Anda.

  Saran Akomodasi
Kayu Arum Resort
Jl. Magersari Ringinawe Tegalrejo, Kota Salatiga
Kayu Arum is a world-class resort offering the finest accommodation, dining and body treatments. Experience the pleasure of revitalizing the senses in a unique and enchanting resort atmosphere.
The Wujil Resort & Conventions
Jl. Soekarno-Hatta Km 25,5 Ungaran, Kabupaten Semarang
Nestled in four hectares of greenery and pure nature and strategically located in the triangle of 3 cities: Semarang, Solo & Yogyakarta, the Wujil Resort & Conventions – managed by TAUZIA Hotel Management offers a natural backdrop which makes it an idea
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.