Waduk Gajahmungkur

Kabupaten Wonogiri

Informasi Umum
 Data diperbarui: Kamis, 21 Januari 2016

Nama Objek : Waduk Gajahmungkur
Lokasi : Desa Sendang, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
Kode Pos: 57661
Buka :  Setiap hari  08.00 – 17.00 WIB
Koordinat GPS : -7.855305, 110.912525

Waduk Gajah Mungkur Woogiri atau sering dikenal juga dengan sebutan Bendungan Serbaguna Wonogiri ini merupakan sebuah ikon yang sangat terkenal di Kabupaten Wonogiri. Bendungan ini merupakan waduk terbesar se-Indonesia yang dibangun dengan fungsi utama sebagai pengendali banjir (Flood Control) Sungai Bengawan Solo. Letaknya 3 km di selatan Kabupaten Wonogiri. Perairan bendungan ini berasal dari sungai terpanjang di Pulau Jawa, yakni sungai Bengawan Solo. Luasnya sekitar 8800 ha, bisa mengairi sawah seluas 23600 ha di daerah Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Sreagen.

Waduk Gajah Mungkur dibangun dari tahun 1976 sampai dengan tahun 1981 berlokasi 7 Km arah selatan Kota Wonogiri tepat dibagian hilir pertemuan kali Keduang. Pengerjaan pembangunan Waduk Gajah Mungkur dilakukan secara swakelola dengan bantuan konsultan dari Nippon Koei Co, Ltd Jepang.

Berbagai manfaat yang diperoleh dari Pembangunan Waduk Gajah Mungkur antara lain :

  • Pengendalian banjir (flood control) sungai Bengawan Solo, dari 4000 m3/detik menjadi 400 m3/detik, sesuai kapasitas maksimum alur sungai di hilir bendungan;
  • Penyediaan air irigasi untuk kurang lebih 23.600 ha di daerah Kabupaten Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, dan Sragen.
  • Penyediaan tenaga listrik untuk daerah Kabupaten Wonogiri dengan kapasitas maksimum 12,4 MW;
  • Obyek pariwisata disekeliling Waduk Gajah Mungkur. Obyek wisata yang paling terkenal adalah Obyek Wisata Sendang Asri Wonogiri yang menyediakan berbagai fasilitas sarana rekreasi;
  • Budidaya perikanan air tawar, terutama untuk budidaya Karamba Jala Apung ikan nila.

FASILITAS

Di taman rekreasi ini telah tersedia beberapa sarana wisata antara lain :

  • Taman Satwa
  • Kolam Renang
  • Mainan anak-anak
  • Jet sky
  • Perahu  
  • Sepeda air
  • Sarana olah raga gantole
  • Rumah makan terapung (karamba)
  • Tempat ibadah, Toilet, Tempat Parkir
  • Kereta Kelinci
  • Tiket Naik Gajah


Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur dibuat setelah pembangunan Waduk Gajah Mungkur selesai. Obyek wisata ini merupakan taman rekreasi Waduk Gajah Mungkur satu-satunya bagi rakyat Wonogiri maupun rakyat diluar Kabupaten Wonogiri.
Setiap Hari Raya Idul Fitri, diadakan event pariwisata Gebyar Gajah Mungkur selama dua minggu di Obyek Wisata/Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur. Pada event ini ada pentas kesenian selama dua minggu berupa pentas orkes melayu, campur sari dll dengan tujuan untuk menghibur masyarakat yang berkunjung ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur.

Event pariwisata ini dikunjungi tidak kurang oleh 100.000 pengunjung. Gebyar Gajah Mungkur ditutup dengan atraksi budaya Sedekah Bumi yaitu berupa upacara ritual yang dilaksanakan oleh Bupati Wonogiri dengan menyebar ketupat kepada pengunjung, setelah penyebaran ketupat dilanjutkan dengan atraksi tari-tarian tradisional di Obyek Wisata Sendang Asri.

Event pariwisata Gelar wisata budaya juga dilaksanakan di Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur, pada bulan Sura setiap tahun, menampilkan atraksi budaya adat Kabupaten Wonogiri antara lain :

  • Kegiatan ruwatan masal, setiap tahun diminati oleh kurang lebih 200 orang baik oleh masyarakat maupun di luar Wonogiri.
  • Jamasan Pusaka Milik Mangkunegara I
  • Tari Tradisional khas Wonogiri

  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
Kampoeng Rawa
Jl. Lingkar Ambarawa KM 3 Ambarawa, Kabupaten Semarang
Kampoeng Rawa merupakan tujuan wisata yang terletak di tepi danau Rawa Pening Ambarawa, dengan view yang menarik dan berbagai wahana permainan
Pemancingan Suharno 2
Blater RT 04 RW VI Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang
Pemancingan yang menjadi alternatif wisata kuliner di Kab. Semarang. Terletak di Jimbaran, Bandungan. Menawarkan berbagai menu ikan yang lezat dengan beragam fasilitas menarik seperti kolam renang anak, free hot spot, dll.
Kampoeng Kopi Banaran
Jl. Raya Bawen-Solo Km.1,5 Kec. Bawen, Kabupaten Semarang
Kampoeng Kopi Banaran Kami adalah One Stop Tourism and Education Service, yang berpusat di Jl. Raya Semarang-Bawen KM 1,5 , Bawen Semarang. Kami memiliki beberapa fasilitas, diantaranya Convention Hall, Indoor dan Outdoor Event Space, Meeting Package

  Saran Akomodasi
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.
Laras Asri Resort & Spa
Jl. Jendral Sudirman No. 335, Kota Salatiga
Sebuah resort tradisional yang indah dan nyaman di Salatiga menjadikan Laras Asri Resort & Spa sebuah pilihan terbaik untuk beristirahat dan berlibur.
The Wujil Resort & Conventions
Jl. Soekarno-Hatta Km 25,5 Ungaran, Kabupaten Semarang
Nestled in four hectares of greenery and pure nature and strategically located in the triangle of 3 cities: Semarang, Solo & Yogyakarta, the Wujil Resort & Conventions – managed by TAUZIA Hotel Management offers a natural backdrop which makes it an idea