Agenda Dieng Culture Festival 2015

 Jumat, 31 Juli 2015

Festival seni budaya di dataran tinggi Dieng, Magelang, Dieng Culture Festival (DCF) akan digelar pada 31 Juli sampai 2 Agustus 2015. Dalam penyelenggaraan yang mengambil tajuk Culture for Harmony ini, beberapa agenda telah disiapkan untuk menghibur pengunjung.

Pada hari pertama, pengunjung akan diajak untuk menikmati panggung musik jazz lewat Jazz Atas Awan. AbsurdNation, Batavicada, HajarBleh, The Lounge, Cadenza dan Jammers Instrumental akan menjadi penampil Jazz Atas Awan tahun ini. Panggung yang akan berdiri di atas kompleks Candi Arjuna ini tidak hanya akan menghibur para pengunjung, tetapi juga bagi penduduk sekitar. Jagung bakar dan minuman khas Dieng, Purwaceng.

Hari kedua akan dimulai dengan ekspedisi Gunung Pangonan. Di sana, peserta diajak untuk menikmati indahnya pemandangan matahari terbit. Satu agenda lain selama ekspedisi ini adalah penanaman pohon.

Acara utama pada hari kedua adalah Festival Lampion. Ribuan lampion akan dilepaskan di kompleks Candi Arjuna dengan selingan tembakan kembang api. Para pengunjung yang memiliki tiket DCF juga mendapat kesempatan untuk menerangkan lampion yang disediakan panitia.

Selain dua acara tadi, hari kedua akan diisi dengan pertunjukan seni dan pemutaran film. Sebelum Sabtu berakhir, pengunjung akan dihibur dengan pertunjukan wayang di timur kompleks Candi Arjuna.

Hari ketiga akan menjadi puncak acara DCF. Agendanya, apalagi kalau bukan Ritual Cukur Rambut Gembel. Pemotongan rambut anak-anak berambut gembel ini memerlukan ritual khusus karena anak berambut gembel dianggap sebagai titisan dewa. Apabila rambut gembel itu dipotong sembarangan, dipercaya bahwa rambut gembelnya akan tumbuh lagi.

Hal menarik lain adalah, prosesi cukur rambut ini hanya bisa dilakukan atas permintaan (atau persetujuan) sang anak, dan apapun permintaan sang anak harus dipenuhi oleh orang tua atau walinya.

Diawali dengan prosesi pembacaan doa, barulah rambut anak gembel dipotong oleh tetua adatatau tokoh masyarakat. Rambut yang sudah dipotong kemudian akan dibacakan doa sebelum akhirnya dilarung atau dibuang.

Ritual ini sangat menarik, dilihat dari bagaimana nilai tradisi masih terus dijaga oleh penduduk Dieng. Prosesi pelarungan rambut ini juga sekaligus menjadi penutup acara DCF yang sebelumnya telah digelar sebanyak lima kali.

DCF digagas oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.  Dalam penyelenggaraannya, Pokdarwis didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, serta berbagai sponsor pendukung.

 

Berikut adalah Agenda Dieng Culture Festival selengkapnya :

 

DIENG CULTURE FESTIVAL 2015 (VI)
"The Culture For Harmony"

Dieng Plateau, 31 Juli - 02 Agustus

Sebuah tradisi yang tersisa dari peradaban masa lalu di negeri atas awan.

Jum'at, 31 Juli 2015
14:00 - 14:45 Pembukaan Festival Budaya Dieng 2015
14:15 - 16:00 Harmony Social Community
19:00 - 23:00 Jazz atas awan
20:00 - 21:00 Bakar jagung dan minum purwaceng bareng

Sabtu, 01 Agustus 2015
04:00 - 08:00 Harmoni bersama alam (Ekspedisi mengejar sunrise di bukit Pangonan dilanjutkan dengan penanaman pohon
08:00 - 10:00 Jalan Sehat dan minum purwaceng bareng
10:00 - 17:00 Festival Seni Tradisional
19:00 - 21:00 Pesta lampion dan kembang api (Pelepasan ribuan lampion dan selingan tembakan kembang api di tengah suhu dingin nan romantis, akan membuat siapapun yang hadir meringis histeris)
21:00 - 22:00 Pagelaran Wayang Kulit

Minggu, 02 Agustus 2015
07:00 - 10:00 Kirab budaya
10:00 - 10:30 Jamasan rambut gembel
10:30 - 12:00 Proses pencukuran rambut gembel
14:00 - 14:15 Larungan Rambut gembel

 

Sumber :

1. http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/07/dieng-culture-festival-digelar-jumat-pekan-ini
2. http://www.wonosobozone.com/2015/07/round-down-acara-dieng-culture-festival.html

 


  KOMENTAR ANDA

  BERITA TERBARU
Salatiga carnival centre
Salatiga carnival centre   [Selengkapnya]
  Minggu, 25 September 2016
Festival kuliner Salatiga 2016
Datang dan kunjungilah festival kuliner salatiga 2016   [Selengkapnya]
  Sabtu, 10 September 2016
Festival Tidar
Festival Tidar diadakan tanggal 23-25 Oktober 2015 oleh Pemerintah Kota Magelang. Beragam pertunjukan seni budaya, seperti Kirab Budaya pentas musik campursari, wayang kulit semalam suntuk, dan perlombaan musik telah disiapkan. Festival Tidar juga akan di   [Selengkapnya]
  Jumat, 23 Oktober 2015
  INDEX BERITA SELENGKAPNYA

  Saran Kuliner
Abby's House
Jl. Diponegoro 47, Kota Salatiga
Abby's House Salatiga, cafe dan resto dengan aneka pilihan masakan dan minuman spesial terutama kopi dan pancakenya
Lembu Lembu Resto dan Car Wash
Jl. Soekarno Hatta No. 200, Kota Salatiga
Lembu Lemu Resto, Catering, & Car Wash - Spesial masakan daging sapi, dengan rasa dan bumbu istimewa yang layak untuk dicoba
Kampoeng Rawa
Jl. Lingkar Ambarawa KM 3 Ambarawa, Kabupaten Semarang
Kampoeng Rawa merupakan tujuan wisata yang terletak di tepi danau Rawa Pening Ambarawa, dengan view yang menarik dan berbagai wahana permainan
  Saran Akomodasi
Griya Puspita Bonsai
Jl. Raya Lemah Abang KM 3 Bergas Kidul, Bandungan, Kabupaten Semarang
Griya Puspita Bonsai merupakan Convention Hall yang menawarkan suasana yang unik dengan hamparan bonsai yang indah.
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.
The Wujil Resort & Conventions
Jl. Soekarno-Hatta Km 25,5 Ungaran, Kabupaten Semarang
Nestled in four hectares of greenery and pure nature and strategically located in the triangle of 3 cities: Semarang, Solo & Yogyakarta, the Wujil Resort & Conventions – managed by TAUZIA Hotel Management offers a natural backdrop which makes it an idea