Pengembangan Wisata Agro Perkebunan

 Selasa, 25 Agustus 2015

Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Pengembangan Wisata Agro Perkebunan yang dilaksanakan di Tlogo Tuntang Salatiga Peserta dari Pelaku Pengelola Wisata Agro yang tergabung dalam Asosiasi Wisata Agro Indonesia wilayah Jawa Tengah, PTP dan sebagainya dengan jumlah peserta 50 orang.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Kepala Bidang Pemasaran, Trenggono, S.IP, M.Par. hadir sebagai narasumber dan menyampaikan materi pada kegiatan tersebut. Trenggono mengatakan sebelum sebuah destinasi diperkenalkan dan dijual, terlebih dahulu harus mengkaji 4 aspek utama (4A) yang harus dimiliki, yaitu Atraksi, Aksesibilitas, amenitas dan ancilliary.

Atraksi adalah produk utama sebuah destinasi. Atraksi berkaitan dengan what to see dan what to do. Apa yang bisa dilihat dan dilakukan oleh wisatawan di destinasi tersebut. Atraksi bisa berupa keindahan dan keunikan alam, budaya masyarakat setempat, peninggalan bangunan bersejarah, serta atraksi buatan seperti sarana permainan dan hiburan.

Aksesibilitas adalah sarana dan infrastruktur untuk menuju destinasi. Akses jalan raya, ketersediaan sarana transportasi dan rambu-rambu penunjuk jalan merupakan aspek penting bagi sebuah destinasi.
amenitas adalah segala fasilitas pendukung yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan selama berada di destinasi.

Amenitas berkaitan dengan ketersediaan sarana akomodasi untuk menginap serta restoran atau warung untuk makan dan minum. Kebutuhan lain yang mungkin juga diinginkan dan diperlukan oleh wisatawan, seperti toilet umum, rest area, tempat parkir, klinik kesehatan, dan sarana ibadah sebaiknya juga tersedia di sebuah destinasi.

Ancilliary berkaitan dengan ketersediaan sebuah organisasi atau orang-orang yang mengurus destinasi tersebut. Ini menjadi penting karena walaupun destinasi sudah mempunyai atraksi, aksesibilitas dan amenitas yang baik, tapi jika tidak ada yang mengatur dan mengurus maka ke depannya pasti akan terbengkalai. Organisasi sebuah destinasi akan melakukan tugasnya seperti sebuah perusahaan. Mengelola destinasi sehingga bisa memberikan keuntungan kepada pihak terkait seperti pemerintah, masyarakat sekitar, wisatawan, lingkungan dan para stakeholder lainnya.

Empat “A” yang dijelaskan di atas sudah seharusnya menjadi pertimbangan bagi pengusaha industri pariwisata untuk mengembangkan suatu destinasi.


  KOMENTAR ANDA

  BERITA TERBARU
Salatiga carnival centre
Salatiga carnival centre   [Selengkapnya]
  Minggu, 25 September 2016
Festival kuliner Salatiga 2016
Datang dan kunjungilah festival kuliner salatiga 2016   [Selengkapnya]
  Sabtu, 10 September 2016
Festival Tidar
Festival Tidar diadakan tanggal 23-25 Oktober 2015 oleh Pemerintah Kota Magelang. Beragam pertunjukan seni budaya, seperti Kirab Budaya pentas musik campursari, wayang kulit semalam suntuk, dan perlombaan musik telah disiapkan. Festival Tidar juga akan di   [Selengkapnya]
  Jumat, 23 Oktober 2015
  INDEX BERITA SELENGKAPNYA

  Saran Kuliner
Pemancingan 51 Putriana
Janti, Polanharjo, Klaten, Kabupaten Klaten
Pemancingan yang mengutamakan cita rasa khas masakan, didukung dengan fasilitas gratis seperti kolam renang, menjadikan Pemancingan 51 salah satu pilihan untuk berlibur bersama keluarga
Pemancingan Banyu Bening
Jl. Patimura KM 1, Domas, Kota Salatiga
Pemancingan dengan nuansa alam di kota Salatiga, sangat cocok untuk segala acara Anda.
PONDOK MAKAN DAN PEMANCINGAN REJOSARI
Jl. Mayor Kusen KM 3 Selak Pabelan, Mungkid, Kabupaten Magelang
Pondok Makan dan Pemancingan Rejosari, nikmati bersantai bersama keluarga di tempat yang asri sambil menikmati santapan lezat.
  Saran Akomodasi
Griya Puspita Bonsai
Jl. Raya Lemah Abang KM 3 Bergas Kidul, Bandungan, Kabupaten Semarang
Griya Puspita Bonsai merupakan Convention Hall yang menawarkan suasana yang unik dengan hamparan bonsai yang indah.
Kayu Arum Resort
Jl. Magersari Ringinawe Tegalrejo, Kota Salatiga
Kayu Arum is a world-class resort offering the finest accommodation, dining and body treatments. Experience the pleasure of revitalizing the senses in a unique and enchanting resort atmosphere.
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.