Kota Salatiga



SELAMAT DATANG DI Kota Salatiga

Salatiga adalah kota kecil di propinsi Jawa Tengah, mempunyai luas wilayah ± 56,78 km², terdiri dari 4 kecamatan, 22 kelurahan, berpenduduk 176.795 jiwa. Terletak pada jalur regional Jawa Tengah yang menghubungkan kota Semarang dan Surakarta, mempunyai ketinggan 450-800 meter dari permukaan laut dan berhawa sejuk serta dikelilingi oleh keindahan alam berupa gunung (Merbabu, Telomoyo, Gajah Mungkur).

Kota Salatiga dikenal juga sebagai kota pendidikan, olah raga, perdagangan, dan transit pariwisata.


  BAGAIMANA KE Kota Salatiga
  • Kota Salatiga berada di tengah-tengah Kota Semarang dan Kota Surakarta dan dilintasi jalan negara yang menghubungkan Kota Semarang dan Kota Surakarta.
     
  • Salatiga memiliki tiga terminal yaitu
    • Terminal Tingkir yang melayani bus tujuan AKDP Jawa Tengah dan AKAP Jawa Tengah, seperti Jakarta hingga Denpasar 
    • Terminal Tamansari yang melayani jalur dalam kota 
    • Terminal Rejosari yang melayani daerah Salatiga Atas (wilayah Getasan, Kopeng, Ngablak, dan Kota Magelang).
       
  • Jarak dari Kota Salatiga ke :
    • Jakarta : 520 Km 
    • Semarang : 57 Km 
    • Surabaya : 302 Km 
    • Surakarta : 51 Km 
    • Yogyakarta : 100 Km  

  KULINER KHAS
 

GETHUK KETHEK
Terbuat dari olahan singkong. Dinamakan Gethuk Kethek karena di depan  toko terdapat  hewan peliharaan kera. Gethuk kethek dapat dipesan di Jl. Argo Tunggal No. 9 RT. 03 / RW. 03, Kec.  Argomulyo, Kota Salatiga.

     
 

ENTING-ENTING GEPUK
Enting­ enting gepuk yang terbuat dari bahan dasar kacang tanah.  Kacang tanah yang telah dikupas disangrai terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan cairan gula  kental lalu ditumbuk atau di 'gepuk'. Makanan kecil ini mudah dijumpai  di toko-toko atau pusat oleh-oleh yang tersebar di kota Salatiga dan sekitarnya.

     
 

AMPYANG
Ampyang  terbuat  dari kacang tanah  utuh  yang telah disangrai, lalu dicampur gula merah dan air jahe. Makanan kecil ini mudah dijumpai  di toko-toko atau pusat oleh-oleh yang tersebar di kota Salatiga dan sekitarnya.

     
 

SATE SAPI SURUH
Berada di jantung kota Salatiga, tepatnya Jl. Jendral Sudirman (Ruko Mimosa),  warung makan ini menyajikan kuliner sate daging sapi yang empuk. Resep sate suruh adalah resep  turun  temurun sejak  1987. Berbeda dengan sate lainnya, sate dibumbui dengan aneka rempah- rempah  seperti  kunyit, kencur dan kayu manis. Nama suruh diambil dari nama desa Suruh, asal orang tua yang menciptakan resep ini.

     
 

WEDANG RONDE
Merupakan minuman rebusan air jahe, kolang kaling, kacang tanah tanpa kulit, agar-agar  dan ronde. Ronde terbuat dari tepung ketan putih yang berbentuk bulat berisi kacang. Wedang ronde  sangat niKmat dikonsumsi selagi hangat, terutama saat cuaca dingin. Beberapa warung wedang ronde  yang cukup legendaris di kota Salatiga ialah Ronde Jago yang terletak tepat di belakang warung  Sate Sapi Suruh dan Ronde Mak Pari yang terletak di Jl. Merapi.

 

  PROMO ISTIMEWA