Museum Ronggowarsito

Kota Semarang

Informasi Umum
 Data diperbarui: Rabu, 13 Januari 2016

Nama Objek : Museum Ronggowarsito
Lokasi : Jl Abdulrahman Saleh No 1 Kalibanteng Kulon, Kota Semarang, Jawa Tengah
Telp : (024) 7602389
Buka :  Setiap hari  08.00 – 16.00 WIB
Harga Tiket : Dewasa Rp 4.000,- anak anak Rp 2.000.
Koordinat GPS : -6.985954, 110.383850

Museum Ranggawarsita memiliki koleksi 59784 unit. Museum ini memamerkan berbagai warisan dan benda budaya Jawa Tengah. Terdapat 4 gedung yang menceritakan sejarah berbeda untuk masing-masing gedung.

GEDUNG A

Gedung A terdapat dua lantai. Lantai satu menyimpan wahana Geologi dan Geografi. Terdapat beberapa jenis bebatuan yang terdapat dibumi, juga batu meteorit yang ditemukan di daerah Mojogedang, Karangayar pada tahun 1984. Meteorit ini dulunya digunakan untuk campuran pamor keris. Gedung ini menceritakan tentang pembagian zaman yang pernah ada dibumi, beberapa koleksi mineral dan batu alam yang menarik, berbagai batu mulia hingga stalagtit dan stalagmit.

Sedangkan lantai dua terdapat wahana tentang Paleontologi (tentang zaman purba). Beberapa koleksi yang ada seperti bebatuan, fosil kayu kuno dan masyarakat kuno juga tulang dan bagian-bagian hewan masa silam, awetan binatang langka seperti bajing peluncur, babi hutan, kancil dan burung rajawali.

GEDUNG B

Gedung B memiliki dua lantai. Di lantai satu terdapat peninggalan budaya dan kerajinan dari peradaban Hindu Budha, diantaranya seperti Lingga dan Yoni, arca-arca, Ketongan, kendhi, cermin perunggu, patung dewa, candi-candi yang ada di Jawa Tengah. Terdapat juga kebudayaan yang bercorak islam dari miniatur masjid Agung Demak dan Menara Masjid Kudus, fragmen seni hias, bahan terakota, replika kaligrafi, ornamen masjid Mantingan Jepara, Mustaka masjid Mayong Jepara, salinan Alquran yang ditulis dengan tangan serta cerobong sumur dari Caruban Lasem yang sangat menarik.

Sedangkan di lantai dua terdapat wahana keramik dan batik. Di lantai dua ini terdapat berbagai jenis dan model keramik baik lokal maupun yang berasal dari cina dan Eropa, macam-macam kerajinan gerabah beserta cara pembuatannya yang diperlihatkan dengan model diorama atau patung. Di bagian wahana batik terdapat  berbagai motif batik yang ada di Jawa Tengah seperti Surakarta, Pekalongan, Lasem dan Banyumasan.

GEDUNG C

Gedung C terdapat dua lantai. Lantai satu terdiri atas ruang bersejarah perjuangan bersenjata. Di ruang ini terdapat koleksi benda-benda yang dipakai pada zaman pertempuran dan Diorama perjuangan bangsa Indonesia ketika merebut kemerdekaan. Disajikan pula diorama pertempuran-pertempuran yang pernah terjadi di Jawa Tengah dan Jogjakarta seperti Peristiwa Palagan Ambarawa, Pertempuran Lima Hari Semaran, Pemberontakan PKI di Cepu, Serangan Umum 1 maret dan Gerakan Tritura.

Sedangkan gedung C lantai dua terdapat ruang koleksi teknologi dan kerajinan tradisional, teknologi industri dan transportasi serta beragam model kerajian rumahan.

GEDUNG D

Peninggalan sejarah yang terdapat di lantai satu menceritakan tentang pembangunan, numismatik, heraldik, tradisi nusantara, ruang intisari dan hibah. Sedangkan di lantai dua terbagi atas ruang kesenian yang terdiri dari koleksi benda dan peralatan kesenian yang dipisahkan menjadi seni pergelaran (berbagai pengetahuan yang menarik tentang wayang). Selain seni pagelaran, terdapat pula seni musik dan seni pertunjukan seperti kesenian khas Jawa kuda lumping dan barongan.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
Pemancingan 1000 Taman Air
Janti, Polanharjo, Klaten, Kabupaten Klaten
Pemancingan yang tidak hanya menawarkan masakan ikan melainkan juga berbagai wahana permainan menarik seperti waterboom, aneka patung binatang, taman air, dll.
Es Kesambi 4
Jl. Kesambi No. 4, Kota Salatiga
Es Kesambi 4 Salatiga - I Prefer This
ULAM SARI
REST AREA PIKK, Jl. Fatmawati No. 161 Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang
Rumah makan spesial ayam kampung goreng dengan sambal korek dan terasi yang lezat

  Saran Akomodasi
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.
The Wujil Resort & Conventions
Jl. Soekarno-Hatta Km 25,5 Ungaran, Kabupaten Semarang
Nestled in four hectares of greenery and pure nature and strategically located in the triangle of 3 cities: Semarang, Solo & Yogyakarta, the Wujil Resort & Conventions – managed by TAUZIA Hotel Management offers a natural backdrop which makes it an idea
Kayu Arum Resort
Jl. Magersari Ringinawe Tegalrejo, Kota Salatiga
Kayu Arum is a world-class resort offering the finest accommodation, dining and body treatments. Experience the pleasure of revitalizing the senses in a unique and enchanting resort atmosphere.