Waduk Jatibarang

Kota Semarang

Informasi Umum
 Data diperbarui: Rabu, 13 Januari 2016

Nama Objek : Waduk Jatibarang
Lokasi : Desa Talun Kacang, Kelurahan Kandri, Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah
Koordinat GPS : -7.036714,110.350304

Waduk Jatibarang merupakan sebuah destinasi wisata baru yang cukup mempesona di Kota Semarang. Memiliki daya tampung 20,4 juta meter kubik dengan luas 189 Ha untuk genangan dan 54 kilometer persegi. Luas daerah tangkapan ini menjadi satu bagian dengan Wisata Goa Kreo.

Pembangunan waduk ini memakan waktu selama 4 tahun dan diresmikan pada tanggal 04 Mei 2015 bertepatan dengan Hari Air Dunia oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana Imam Santoso. Pada peresmian tersebut juga dihadiri oleh Mantan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo serta Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Waduk ini dibangun untuk mengatasi masalah banjir yang sering terjadi di Semarang. Selain waduk Jatibarang diharapkan bisa menjadi satu destinasi wisata yang baru serta memunculkan ide-ide kreatif dari masyarakat, seperti pembuatan paket wisata, refreshing, dan lain lain. Di tengah tengah waduk ini masih terjaga Gua Kreo dengan kera-kera yang ada, dengan dihubungkan sebuah jembatan yang didesain dengan artistik sehingga kelihatan lebih anggun.

Pada pengisian awal, waduk ini membutuhkan waktu enam hingga tujuh bulan untuk mencapai elevasi muka air normal 149,3 meter. Waduk Jatibarang dengan desain banjir 170 m3/detik serta dapat menambah pasokan air baku 1.050 liter/detik, dengan potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro PLTMH 1,5 MW, serta untuk meningkatkan pariwisata kota Semarang.

Selain fungsi diatas yakni mengatasi banjir dan juga destinasi wisata, keberadaan Waduk yang menelan biaya sebesar Rp. 599,95 miliar dengan biaya pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA) akan dikembangkan sebagai pembangkit tenaga listrik mikro hidro dengan kapasitas 1,5 megawatt. Serta akan menambah pasokan air baku sebesar 1.050 liter per detik, sehingga akan membantu PDAM setempat untuk mencukupi kebutuhan pelanggan di kota Semarang.

Bagi pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum yang melayani rute ke Goa Kreo atau bisa menggunakan taksi. Pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
Pemancingan Banyu Bening
Jl. Patimura KM 1, Domas, Kota Salatiga
Pemancingan dengan nuansa alam di kota Salatiga, sangat cocok untuk segala acara Anda.
BELUTNYA MBAH KHOBER 2
Jl. Salatiga - Muncul Km. 08, Kabupaten Semarang
Belutnya Mbah Khober, nama ini seakan menjadi trademark olahan belut yang lezat. Berbagai Olahan belut seperti belut original, belut krispi, dan belut penyet dapat ditemukan disini.
Pemancingan Wijaya
Jl. Lemah Abang-Bandungan Km 7 Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang
Pemancingan dan Lesehan Wijaya, Jimbaran. Spesial ikan segar bakar bumbu sate dan sup ikan.

  Saran Akomodasi
Graharu Boutique Hotel
Tingal Wetan RT 05 RW 02, Wanurejo, Mungkid, Kota Magelang
Graharu Boutique Hotel - boutique hotel yang unik dengan nuansa Jawa yang sangat kental
Griya Puspita Bonsai
Jl. Raya Lemah Abang KM 3 Bergas Kidul, Bandungan, Kabupaten Semarang
Griya Puspita Bonsai merupakan Convention Hall yang menawarkan suasana yang unik dengan hamparan bonsai yang indah.
The Wujil Resort & Conventions
Jl. Soekarno-Hatta Km 25,5 Ungaran, Kabupaten Semarang
Nestled in four hectares of greenery and pure nature and strategically located in the triangle of 3 cities: Semarang, Solo & Yogyakarta, the Wujil Resort & Conventions – managed by TAUZIA Hotel Management offers a natural backdrop which makes it an idea