Kota Surakarta



SELAMAT DATANG DI Kota Surakarta

Kota Surakarta berapa pada cekungan di antara dua gunung, yaitu Gunung Lawu dan Gunung Merapi dan dibagian timur dan selatan dibatasi oleh sungai Bengawan Solo. Dilihat dari aspek lalu lintas perhubungan di pulau Jawa, posisi kota Surakarta tersebut berada pada jalur strategis yaitu pertemuan atau simpul yang menghubungkan Semarang dengan Yogyakarta dan jalur Surabaya dengan Yogyakarta. Tidak heran kota Surakarta menjadi pusat bisnis yang penting bagi daerah Kabupaten di sekitarnya.


  BAGAIMANA KE Kota Surakarta
  • Kota Surakarta terletak di pertemuan antara jalur selatan Jawa dan jalur Surakarta-Madiun, yang menjadikan posisinya yang strategis sebagai kota transit. Saat ini sebuah jalan tol (Jalan Tol Semarang-Solo) yang menghubungkan kota Semarang-Surakarta sedang dalam proses pembangunan.
     
  • Angkutan umum antarkota dilayani dengan bus dengan terminal utama adalah Terminal Tirtonadi. Rute bus yang melintasi kota Surakarta adalah rute angkutan dari Jawa Timur (Surabaya dan Banyuwangi), dan Jawa Barat (Bandung, Jakarta).
     
  • Jalur kereta api dari jalur utara dan jalur selatan Jawa juga terhubung di kota ini. Stasiun utama yang ada di kota Surakarta adalah Stasiun Solo Balapan yang merupakan salah satu stasiun besar tertua di Indonesia (dibangun 1873), stasiun ini menghubungkan mencakup semua kota besar di Jawa secara langsung dan hampir dalam semua kelas.
     
  • Stasiun yang lain yang ada di Kota Surakarta adalah Stasiun Jebres yang dipakai sebagai stasiun pemberhentian untuk kereta api kelas ekonomi atau kereta api relasi Surakarta-Madiun. Stasiun Purwosari di tepi barat kota merupakan stasiun cabang menuju ke Wonogiri dan Yogyakarta.
     
  • Kota Surakarta memiliki Bandar Udara Internasional dengan nama Adisumarmo.
     
  • Jarak dari Kota Surakarta ke :
    • Jakarta : 571 Km
    • Surakarta : 108 Km
    • Surabaya : 263 Km
    • Surakarta : 0 Km
    • Yogyakarta : 64 Km

  KULINER KHAS
 

NASI LIWET
Nasi yang ditanak dengan santan kelapa dengan lauk sambal goreng labu siam, kumut (santan kental), opor ayam kampung, dan telur rebus atau telur pindang. Penjual Nasi Liwet banyak dan mudah dijumpai hampir di setiap sudut Kota Solo pada pagi hari. Lokasi penjual Nasi Liwet antara lain di Sepanjang Jl. Teuku Umar, Keprabon jam 18.00-01.00; Yu Painah, perempatan Widuran jam 18.00-24.00; Mbak Yanti, Jl. Slamet Riyadi, Purwosari jam 18.00-24.00; Galabo, Jl. Mayor Sunaryo jam 18.00-23.00.

     
 

SATE KERE
Merupakan kuliner rakyat yang terbuat dari ampas tahu yang direbus atau tempe gembus. Kuliner sederhana namun nikmat ini dapat dicicipi di Warung Sate Jeroan "Yu Rebi" Belakang stadion Sriwedari tepatnya di Jl. Kebangkitan Nasional.

     
 

GUDEG CEKER
Terbuat dari sayur nangka muda dengan bumbu santan dengan lauk sambal goreng cecek (kulit sapi), opor ayam kampung / telur, ditambah dengan opor cakar ayam. Gudeg Ceker bisa ditemui di warung Bu Kasno Jl. Monginsidi Margoyudan jam 02.00 - 05.00; Pak Gandul Jl. Brigjen. Katamso, depan Pasar Mojosongo jam 21.00 - 24.00; Mbak Yati, Jl. Ronggowarsito, Keprabon jam 18.00 - 24.00; Mbak Yus, Jl. Kartini jam 21.00 - 24.00; dan Galabo, Jl. May. Sunaryo jam 18.00 - 23.00.

     
 

SELAT SOLO
Adalah masakan yang terdiri atas racikan wortel rebus, kentang goreng, buncis rebus, daun selada segar, irisan daging dan telur berbumbu pekat, disajikan dengan kuah encer dan saus mustard/majonaise tradisional. Hidangan ini bisa di jumpai di warung Kusuma Sari, Jl. Yos Sudarso, Nonongan jam 10.00 - 21.00; Mbak Lies, Kel. Serengan jam 09.00 - 16.00; Mekar Sari, Jl. Dr. Rajiman Singosaren jam 09.00 -17.00; Selat Stadion, Jl. Dr. Muwardi, Tugu Lilin jam 09.00 -16.00; Galabo, Jl. May. Sunaryo jam 18.00 - 23.00.

     
 

SERABI
Makanan ringan terbuat dari tepung beras diolah bersama santan dan gula menjadi semacam kue dadar dengan variasi isian cokelat atau nangka. Kudapan ini dapat ditemui di Serabi Notosuman, Jl. Muh. Yamin, Notosuman jam 06.00 -16.00 WIB.

     
  INTIP
Terbuat dari kerak nasi yang dijemur kemudian digoreng dan ditambah saus gula jawa, dengan rasa yang gurih, manis, asin, renyah. Penganan ini dapat dijumpai di Pasar Gede, Jl. Urip Sumoharjo jam 06.00 -16.00; Pak Mesran, Jl. Kalilarangan jam 09.00 - 21.00
 
     
  KUE MANDARIN
Orion adalah toko roti yang telah berumur puluhan tahun dan toko roti tertua di kota Solo. Toko roti yang terletak di Jl. Urip Sumoharjo ini menjual kue Mandarin.
     
  SATE BUNTEL
Terbuat dari daging kambing cincang dan dibungkus dengan lapisan tipis lemak kambing, kemudian dibakar.

 

  PROMO ISTIMEWA