Pura Mangkunegaran

Kota Surakarta

Informasi Umum
 Data diperbarui: Rabu, 20 Januari 2016

Nama Objek : Pura Mangkunegaran
Lokasi : JI. Ronggowarsito, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos: 57139
Telp : Telp. 0271-644946 / 642016
Buka :  Setiap Hari  09.00-14.00, Jumat : 09.00-12.00, Minggu : 09.00-14.00.
Harga Tiket : • Wisatawan domestik : Rp. 10.000,- • Wisatawan mancanegara : Rp. 18.000,- Bagi pengunjung yang hendak membawa handycam atau kamera akan dikenakan biaya tambahan.
Koordinat GPS : -7.555838, 110.810632

Istana mangkunegaran atau sering juga disebut dengan Keraton Mangkunegaran merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan berbagai hasil seni dan budaya berupa harta pusaka. Istana yang indah dan megah ini terletak di pusat kota Solo, diantara Jalan Ronggo Warsito, Jalan Kartini, Jalan Siswa dan Jalan Teuku Umar.  Sebagian besar koleksi yang disimpan di sini berasal dari Kerajaan Majapahit sampai Kerajaan Mataram. Jadi, jika berkunjung ke sini Anda akan disuguhi dengan berbagai macam benda purbakala yang menjadi saksi sejarah berdirinya Kerajaan Mataram Islam di Jawa, seperti tarian topeng klasik, wayang orang (tarian drama), pakaian, wayang kulit dan wayang kayu, patung-patung religius, perhiasan dan benda-benda antik serta pusaka- pusaka yang tidak terhitung nilainya.

Istana Mangkunegaran dibangun pada tahun 1757 M oleh Raden Mas Said atau sering juga dikenal dengan nama Pangeran Sambernyowo. Jukukan ini diberikan oleh Belanda karena musuh-musuh yang dihadapi selalu kalah (mati). Untuk meredamkan pemberontakan ini, akhirnya Belanda mengangkat RM Said sebagai Sultan Mangkunegaran I pada Perjanjian Salatiga.

Istana Mangkinegaran  ini terdiri atas dua bagian utama, yaitu Pendopo ( Balairung Istana, tempat menerima tamu ) dan Dalem ( Balairung Utama ) yang dikelilingi oleh tempat tinggal para keluarga Raja.

PENDOPO adalah Joglo dengan empat saka guru (tiang utama) yang digunakan untuk resepsi dan pementasan tari tradisional Jawa. Ada seperangkat gamelan yang dinamai Kyai Kanyut Mesem. Gamelan yang sebagaian besar masih lengkap ini dimainkan pada hari-hari tertentu untuk mengiringi latihan tarian tradisional.

Di dalam DALEM terdapat Pringgitan, ruang dimana keluarga menerima pejabat. Ruangan ini juga digunakan untuk mementaskan wayang kulit. Di dalam pringitan, ada beberapa lukisan karya Basuki Abdullah, pelukis kenamaan Solo. Dalem juga digunakan untuk memajang berbagai koleksi barang peninggalan berharga yang bernilai seni dan sejarah yang tinggi. Terdapat koleksi topeng-topeng tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, kitab-kitab kuno dari jaman Majapahit dan Mataram, koleksi berbagai perhiasan emas dan koleksi beberapa potret Mangkunegoro.

Bagian timur, disebut Bale Peni, digunakan untuk tempat tinggal pangeran. Bagian barat dinamakan Bale Warni, digunakan untuk tempat tinggal putri. Di dalam tempat istana yang sangat indah ini juga terdapat perpustakaan Reksopustoko, dimana naskah yang jarang didapat, keagamaan dan filsafat ditulis dalam gaya tulisan Jawa.


  GALERI

  Komentar Anda


  Saran Kuliner
Pemancingan Andheng-Andheng
Jl. Blater RT 01 RW 06 Ds. Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang
Pemancingan Andheng-Andheng Blater, Jimbaran. Spesial ikan bakar madu.
RM LESTARI GROUP
Krajan I RT 17/05 Sebelah Utara POM Bensin Secang, Kabupaten Magelang
Rumah Makan Lestari, rumah makan prasmanan dengan berbagai pilihan menu istimewa khas Jawa
Pemancingan Banyu Bening
Jl. Patimura KM 1, Domas, Kota Salatiga
Pemancingan dengan nuansa alam di kota Salatiga, sangat cocok untuk segala acara Anda.

  Saran Akomodasi
Laras Asri Resort & Spa
Jl. Jendral Sudirman No. 335, Kota Salatiga
Sebuah resort tradisional yang indah dan nyaman di Salatiga menjadikan Laras Asri Resort & Spa sebuah pilihan terbaik untuk beristirahat dan berlibur.
Griya Puspita Bonsai
Jl. Raya Lemah Abang KM 3 Bergas Kidul, Bandungan, Kabupaten Semarang
Griya Puspita Bonsai merupakan Convention Hall yang menawarkan suasana yang unik dengan hamparan bonsai yang indah.
Grand Wahid Hotel
Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Salatiga
Hotel bintang 4 yang terletak di pusat kota Salatiga, dengan kamar yang elegan, dan banyak fasilitas pendukung yang akan memanjakan para tamu yang datang.