Kota Tegal



SELAMAT DATANG DI Kota Tegal

Kota Tegal dengan luas wilayah 3.850 ha posisinya sangat strategis di jalur Pantura yang menghubungkan kota-kota besar di Jawa bagian utara. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Tegal. Daya tarik wisata yang dapat dikunjungi di Kota Tegal iyalah Taman Rekreasi Pantai Alam Indah dan Kolam Renang Samudra.


  BAGAIMANA KE Kota Tegal
  • Kota Tegal memiliki lokasi yang strategis karena berada di Jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah, serta terdapat persimpangan jalur utama yang menghubungkan pantura dengan kota-kota di bagian selatan Putau Jawa. Sehingga Kota Tegal dapat diakses dengan mudah menggunakan jalur darat (bus). Bus dengan jalur Pantura dapat dipergunakan untuk mencapai Kota Tegal.
     
  • Kota Tegal memiliki stasiun kereta api yang menghubungkan kota ini dengan kota-kota lain di Pulau Jawa. Kota Tegal juga kurang lebih memiliki jarak tempuh yang sama antara Jakarta dan Surabaya. Dengan posisi strategis ini, dan didukung dengan infrastruktur yang memadai menjadikan kota Tegal sebagai kota transit. Hal tersebut berdampak pada hidupnya usaha di bidang jasa pariwisata, terutama perhotelan .
     
  • Jarak dari Kota Tegal ke :
    • Jakarta : 314 Km
    • Tegal : 163 Km
    • Surabaya : 475 Km
    • Surakarta : 258 Km
    • Yogyakarta : 237 Km

  KULINER KHAS
 

SATE KAMBING KHAS TEGAL
Menggunakan daging kambing muda yang biasanya berumur di bawah lima bulan, (balibul) sebagai bahan utama. Karena menggunakan daging kambing muda, daging lebih empuk dan beraroma khas walau tidak dioles banyak bumbu saat dibakar. Sate nikmat ini dapat dibeli di Warung Makan Sate Tirus H. Sakya Jl. Kapten Soedibyo No. 5 Tegal dan Sate Kambing Wendys Jl. Kapten Ismail dan Jl. Letjend Suprapto 59 Tegal.

     
 

KUPAT GLABED
Perbedaan Kupat Glabed dengan ketupat lainnya ialah pada kuah yang kental (ngglabed) serta kerupuk kuning. Lauk tambahan Kupat Glabed biasanya sate kikil dan sate kerang. Penjual Kupat Glabed banyak dijumpai di kelurahan Randugunting, kecamatan Tegal Selatan.

     
 

SAUTO TAUCO TEGAL
Adalah masakan soto namun memiliki sensasi rasa manis, asam, dan asin. Sauto Tegal disajikan dalam mangkok kecil diatas lepek (tatakan piring kecil), isinya mirip dengan soto lainnya, daging ayam suwir/potongan babad rebus, tauge, bawang goreng. Sebagai ciri khasnya yaitu tambahan tauco sebelum disiram kuah.

 

  PROMO ISTIMEWA