Kabupaten Banyumas

MENDOAN
Makanan khas/asli Banyumas terbuat dari bahan baku kedelai yang sengaja dibuat atau dicetak menjadi lembaran tempe tipis berbentuk segi empat, kemudian dilumuri adonan tepung beras dan terigu yang sudah diberi bumbu, lalu digoreng setengah matang.

.

KRIPIK TEMPE
Makanan khas Banyumas terbuat dari bahan baku yang sama dengan mendoan digoreng dua kali hingga tempe menjadi kering dan renyah.

.

GETHUK GORENG SOKARAJA
Makanan khas bercita rasa manis dengan aneka rasa dan aroma serta diberi pewarna agar lebih menarik dan di bagian atasnya ditaburi ampas kelapa dengan aroma vanili. Gethuk goreng ini dikemas apik dalam besek sehingga sangat cocok untuk oleh-oleh karena dapat disimpan atau bertahan hingga sepuluh hari. Wisatawan dapat dengan mudah memperolehnya disepanjang jalan raya Sokaraja untuk berbelanja, sekaligus melihat proses pembuatannya. Lokasi : Sepanjang JI. Raya Sokaraja, Sepanjang JI. Sawangan – Purwokerto.

.

SOTO SOKARAJA
Penyajian Soto khas Sokaraja tanpa menggunakan nasi dan soun, terdiri dari ketupat sebagai pengganti nasi dan dicampur dengan irisan daging ayam atau sapi, tauge, daun bawang dan kerupuk warna warni serta dilengkapi dengan sambal kacang/bumbu pecel dan kecap. Wisatawan dapat menikmatinya diwarung-warung soto disepanjang jalan Raya Sokaraja atau kawasan centra gethuk goreng. Lokasi: Sepanjang JI. Raya Sokaraja, Sepanjang JI. Sawangan, JI. Bank dan sekitar Kota Purwokerto.

.

NOPIA/ MINO
Makanan khas Banyumas yang bahan bakunya terbuat dari tepung terigu dan gula kelapa/gula jawa yang dibentuk kemudian dipanggang dengan aneka rasa. Nopia ini sangat cocok sebagai oleh-oleh karena dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama. Lokasi : Sepanjang JI. Raya Sokaraja Sepanjang JI. Sawangan, JI. Bank dan sekitar Kota Purwokerto.

.

JENANG JAKET DAN WAJIK KLETHIK
Kata “Jaket” merupakan singkatan dari Jenang Asli Ketan dengan keunikan sangat kenyal namun tidak mudah lengket di tangan karena dicampur dengan wijen. Pabrik jenang ini beralamat di JI. PKK Mersi- Purwokerto.