Kabupaten Boyolali

JADAH
Jadah diproses dari bahan ketan yang dikukus dengan daun pandan sampai setengah matang, kemudian diangkat dan dituangi dengan santan, lalu ditambah garam. Setelah itu dikukus lagi dengan api sedang hingga santan terserap ketan. Setelah matang diangkat lalu ditumbuk. Proses akhir bahan ini diletakan pada nampan dan siap di sajikan.
.
SOTO
Soto khas Boyolali memiliki ciri kuah bening (tanpa santan) dan disajikan dalam porsi kecil. Nasi yang telah disiapkan di dalam mangkuk diberi tauge dan suiran ayam/daging sapi, kemudian disiram kuah soto. Selanjutnya ditaburi bawang merah goreng, daun bawang, dan daun seledri. Beberapa warung Soto yang ada di Boyolali, antara lain: Soto Ndelik, Soto Seger, Soto Sedap, dan Soto Omprong.
.
SUSU MURNI
Selain pusat kuliner Soto, Boyolali juga dikenal sebagai pusat penghasil susu sapi perah terbesar di Jawa Tengah. Tak hanya untuk kebutuhan industri, susu sapi segar juga dijajakan di warung-warung yang buka menjelang sore hingga malam hari.
.
MARNING
Marning merupakan camilan tradisional yang terbuat dari jagung yang digoreng. Rasa yang ditawarkan adalah manis, pedas, presto, gepuk, dan lain-lain. Permintaan yang paling banyak terjadi menjelang lebaran sebagai suguhan di rumah maupun oleh-oleh mudik.