Kabupaten Kebumen

SATE AMBAL
Bagi para pecinta sate, sate ayam di daerah Ambal, Kabupaten Kebumen, bisa menjadi pilihan tepat. Keunikan sate ayam khas Ambal ini terletak pada sausnya yang terbuat dari kacang kedelai (tempe). Biasanya, satu porsi Sate Ambal berisi 20-25 tusuk.
.
NASI PENGGEL
Adalah kuliner khas Kebumen yang hanya dapat dijumpai di pagi hari. Nasi Penggel cocok sebagai menu sarapan karena disajikan bersama lauk kikil dan sayur gori (nangka muda) serta kuah dengan menggunakan daun pisang. Uniknya, nasi pada menu ini dibentuk bulat-bulat meyerupai nasi kepal. Hidangan lezat ini dapat dijumpai di Alun-alun Kebumen, Jalan Utama Desa Tembana Pejaguan Kebumen dan Jalan Piere Tendean Kebumen.
.
YUTUK
Masyarakat sekitar Pantai Petanahan banyak yang mengonsumsi ataupun menjual kuliner berbahan dasar Yutuk karena rasanya yang gurih. Yutuk merupakan sejenis binatang laut menyerupai serangga. Yutuk goreng biasa dikonsumsi bersama pecel yang banyak dijual di warung-warung sepanjang pantai Petanahan.
.
LANTING
Adalah makanan khas Kebumen yang dibuat dari ketela pohon. Rasanya yang gurih menjadikan makanan ini cocok untuk cemilan penyerta minum kopi atau teh. Rasa Lanting saat ini beraneka ragam ada rasa jagung bakar, bawang dll.