Kabupaten Pati

NASI GANDUL
Merupakan makanan khas Pati dengan jeroan, lidah atau daging sapi sebagai bahan utamanya. Daging sapi diolah dengan rempah-rempah, antara lain jinten, kencur, jahe, terasi bakar, dan gula merah, sehingga menciptakan aroma yang khas dan rasa yang manis. Nasi gandul disajikan bersama lauk tambahan, seperti tempe goreng, telur bacem atau perkedel serta disajikan dengan alas daun pisang.
.
SOTO KEMIRI
Seperti masakan soto di daerah lainnya di Jawa Tengah, Soto Kemiri menggunakan suwiran ayam dan tauge, namun dengan aroma kemiri yang lebih menonjol dan kuah yang lebih encer. Soto Kemiri banyak dijumpai di Jl. Kembang Joyo, Desa Kemiri atau Waroeng Pati Jl. Raya Pati – Kudus (Komplek Pabrik Kacang Dua Kelinci).
.
MANGUT KEPALA IKAN PARI
Kuliner khas Pati lainnya ialah mangut kepala ikan pari atau juga dikenal dengan Mangut Ndas Manyung. Hidangan bersantan ini memiliki rasa yang pedas dan nikmat dikonsumsi selagi hangat. Mangut ndas manyung dapat dijumpai di Warung Pak Bodong Jl. Pati – Rembang Km 17 Desa Raci, Kec. Batangan.
..
SEGO TEWEL
Nasi dan sayur nangka yang disajikan di atas piring yang telah dilapisi daun jati. Sego Tewel banyak dijumpai di Desa Tambakromo dan dapat dinikmati dengan harga sangat terjangkau.
.
TELUR LURIK
Pengolahan telur dengan cara diasap dan diproduksi di Desa Batursari.
.
PETIS KAMBING
Masakan tradisional Khas Pati yang berbahan baku daging kambing dari desa Runting.