Kabupaten Pekalongan

Kabupaten Pekalongan memiliki kuliner khas yang hampir sama dengan Kota Pekalongan, yakni Soto Tauto, Nasi Megono, dan Pindang Tetel. Soto Tauto dapat dicicipi di Warung Soto Ojo lali, Jl. Raya Podo Kedungwuni dan Soto KTL Jl. Raya Gejlig Kajen. Sedangkan Nasi Megono dapat dinikmati di Lesehan Sego Megono di Pusat Kuliner Gemek dan Alun-alun Kajen.
.
APEM KESESI
Kudapan terbuat dari tepung beras yang direndam selama dua sampai tiga hari ditambah dengan gula aren, kemudian diaduk dan dicetak. Cetakan dialasi dengan daun pisang dengan diameter kurang lebih 15 cm, kemudian dikukus selama 30 menit, lalu dihidangkan sebagai teman minum teh. Dinamakan Kesesi karena kudapan ini diproduksi di Dukuh Bantul, Desa Kesesi, kecamatan Kesesi.
.
KLUBAN BOTHOK
Makanan khas Kabupaten Pekalongan lainnya adalah Kluban Bothok. Kluban Bothok terdiri dari rebusan sayuran kacang panjang, taoge, lembayung, dicampur dengan bumbu urap. Kluban disajikan di atas piring kemudian disiram dengan sayur bothok (semacam lodeh berisi tahu, tempe dan parutan kelapa muda) atau sambal ditambah dengan mie dan krupuk.