Kabupaten Purbalingga

GULE MELUNG / GULE KEJOBONG
Merupakan kuliner yang selalu diburu oleh para penggemar gulai kambing. Meski terletak cukup jauh sekitar 28 Km arah timur kota Purbalingga, tepatnya di wilayah perbatasan dengan Kecamatan Kejobong, Warung Bu Hadi di Dusun Melung, Desa Larangan, Kec. Pengadegan selalu ramai pembeli.
.
SOTO PURBALINGGA
Purbalingga memiliki kuliner soto yang beragam dan khas, yaitu Soto Jatisaba, Soto So dan Soto Kriyik. Warung Bu Khariri (Soto Jatisaba): Desa Jatisaba, Kecamatan Purbalingga (sekitar 2 kilometer arah timur kota Purbalingga). Warung Soto So : RT 3/2 Kelurahan Bojong, Kecamatan Purbalingga. Sekitar 200 meter di belakang kantor Kelurahan Bojong. Warung Soto Kriyik : Kios Pasar Segamas Purbalingga. Buka: 09.00 -14.00 WIB dan Warung Soto Kriyik JI. MT Haryono-Kelurahan Karangsentul. Buka 08.30 15.00 WIB.
.
ES DUREN BANCAR
Racikan Es Durian Pak Kasdi Depan Tugu Bancar /Sebelah Utara Kodim 0702 Purbalingga. Daging buah durian disiram gula merah cair dan santan kelapa segar, ditambah serutan es batu hingga menggunung kemudian disiram susu kental manis dan sesendok cokelat panas.
.
SATE KAMBING PAK YANI
Dagingnya yang super empuk karena menggunakan kambing khas Kejobong yang berumur maksimal 3 bulan. Berbeda dengan kebanyakan warung sate lainnya, tusukan daging yang telah dibakar dengan arang membara, kemudian ditempatkan pada sebuah hotplate. Warung Sate Pak Yani: Desa Bojong, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, 7 kilometer arah Utara dari pusat kota Purbalingga.
.
OLEH-OLEH KHAS PURBALINGGA
Selain masakan yang menggugah selera, Purbalingga juga merupakan pusat oleh-oleh. Beberapa produk makanan ringan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh, antara lain : Kacang Asin, Luntup, Manco Ketan dan Toso. Luntup terbuat dari dari bahan terigu, gula jawa, kacang, mentega, keju, telur dan minyak goreng.