Kabupaten Tegal

TAHU ACI/ PLETHO
Terbuat dari tahu yang diberi adonan tepung kanji, bawang putih, garam, dan daun kucai. Cita rasa kenyal dan gurih menjadikannya sebagai salah satu kuliner favorit. Tahu istimewa ini dapat dijumpai di Desa Banjaran maupun sepanjang Jalan Raya Slawi.
.
KACANG BOGARES
Merupakan makanan ringan dari kacang tanah beraroma bawang putih yang gurih, digoreng/disangrai menggunakan pasir/tanpa minyak. Kacang ini diproduksi di Jl. Raya Pertigaan Desa Bogares Kidul, Kec. Pangkah, Kab. Tegal.
..
TEH POCI
Sejak lama, tradisi moci atau meminum teh telah mewarnai kehidupan masyarakat Kab/ Kota Tegal dan sekitarnya. Teh bercita rasa wasgitel atau wangi-panas-sepet-legi-kental ini disajikan di dalam satu set poci dengan gula batu. Aroma wangi berasal dari campuran melati Poci terbuat dari tanah liat terdiri dari teko dan cangkir. Karena bentuknya yang unik, satu set poci juga banyak dijual sebagai cinderamata.
..
SATE KAMBING MUDA
Memiliki tekstur daging empuk dan gurih karena diambil dari daging kambing pilihan usia dibawah lima bulan (balibul). Tersedia di : RM. Bang Awi Jl. Raya II Adiwerna Kab. Tega!, RM. Nomer 5 Belakang PLN Slawi, RM. Bu Torno Jl. Raya Kagok Slawi.
..
MARTABAK TELUR LEBAKSIU
Terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi telur bebek, aneka sayuran dan daging cincang dan diolah dengan resep keluarga secara turun temurun dan tersebar diseluruh nusantara.
..
SAUTO TALANG
Kuliner dengan kuah berwarna merah pekat dengan saus tauco dan taburan suwiran daging ayam atau babat. Salah satu pilihan favorit bagi para pecinta kuliner khas Kabupaten Tegal. Tersedia di sepanjang jalan Raya Tegal – Slawi, Desa Talang, Kec. Talang.
..
PILUS
Terbuat dari tepung terigu yang telah dibumbui, dicampur daun kucai dan digiling menggunakan mesin giling manual, untuk mencetak butiran-butiran pilus. Pilus dapat diproduksi di Desa Ujungrusi, Kec. Adiwerna.