Kabupaten Wonogiri

KACANG METE
Berbahan dasar dari biji buah jambu monyet yang diolah secara tradisional. Kacang Mete biasanya digoreng dan dihidangkan sebagai sebagai teman minum teh atau kopi.
.
GETI
Adalah makanan yang terbuat dari kacang tanah atau wijen ataupun gabungan dari keduanya. Kacang tanah dan biji wijen direkatkan dengan rebusan gula merah yang pekat dan kemudian dikeringkan. Rasa yang disajikan dari Geti ini manis yang berasal dari gula merah serta gurih dari kacang tanah dan biji wijen.
.
CABUK
Adalah makanan yang berasal dari biji wijen yang dicampur dengan bumbu masak. Berbentuk pasta, warna hitam, terbungkus daun pisang. Biasanya disajikan sebagai campuran urap (kudapan).
.
THIWUL
Adalah makanan pokok pengganti nasi beras yang dibuat dari ketela pohon atau singkong, yang populer dengan nama Gaplek. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras.
.
BAKSO
Wonogiri dikenal akan kuliner bakso yang nikmat. Salah satu rumah makan yang menyajikan bakso khas Wonogiri ialah Bakso Titoti di Jl. Sudirman, Wonogiri.
.
BOTOK IKAN BU KARNI
Masakan Botok umumnya berisi biji mlanding yang dicampur parutan kelapa. Kini, botok sudah makin bervariasi dengan isi potongan ikan. Salah satu warung makan yang menjual botok ikan adalah warung Bu Karni yang berada di pinggir jalan raya Wonogiri-Pracimantoro, di sisi kiri jalan sebelum jembatan tak jauh dari pintu masuk waduk Gajah Mungkur.
.
OPOR AYAM MBAH MIN
Berbahan dasar daging ayam kampung. Olahan masakan berkuah santan ini terasa semakin istimewa karena hanya dijual setiap 5 hari sekali, tepatnya saat pasaran wage (kalender jawa). Waktu tersebut disesuaikan dengan aktivitas pasar hewan yang hanya buka saat hari pasaran wage.