Cari
image

Kabupaten Karanganyar

Selamat Datang di
Kabupaten Karanganyar

Kabupaten Karanganyar dengan ibukotanya Kota Karanganyar, dengan luas wilayah 77.378,6374 Ha. Secara geografis terletak disebelah barat lereng gunung Lawu dan wilayah ini berbatasan dengan Kabupaten Sragen di sebelah utara, Kabupaten Boyolali dan Kota Surakarta di sebelah barat, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan. Kabupaten Ngawi dan Magetan (Jawa Timur).

Kabupaten Karanganyar memiliki sejumlah tempat bersejarah dan alam yang khas (terutama pegunungan) sebagai objek pariwisata. Destinasi Wisata populer di Kabupaten Karanganyar diantaranya Candi Sukuh, Candi Cetho, Grojogan Sewu, Curug Jumog, Kebun Teh Kemuning, dll.

Kabupaten Karanganyar yang teletak 17 km dari kota Surakarta dapat dengan mudah diakses melalui jalan darat karena Kabupaten ini dilalui jalan negara yang menghubungkan kota Solo – Surabaya.

Kabupaten Karanganyar juga dapat diakses melalui jalur udara lewat Bandara Adi Sumarmo kota Surakarta dan dengan kereta api lewat Stasiun Solo Balapan.

Ibukota Kabupaten Karanganyar berada di jalur wisata Solo-Tawangmangu-Sarangan-Magetan-Madiun. Angkutan umum dilayani oleh angkutan bus jurusan Solo-Karanganyar-Tawangmangu. Meski dilintasi jalur kereta api (Solo-Madiun-Surabaya), tidak ada kereta api penumpang yang singgah di wilayah kabupaten ini.

Jarak dari Kabupaten Karanganyar ke :

Jakarta : 588 Km

Semarang : 126 Km

Surabaya : 243 Km

Surakarta : 17 Km

Yogyakarta : 82 Km

 SATE KELINCI
Sate kelinci banyak dijumpai di sepanjang Jl. Raya Tawangmangu atau di kawasan wisata air terjun Grojogan Sewu dan Jumog.
.  
 SOP BUNTUT BU UGI
Sop buntut khas Karanganyar di Kalisoro, Tawangmangu
.  
 SATE REPTIL
Salah satu menu ekstrem di Resto Gunung Mas sekitar 2 Km dari kawasan wisata Grojogan Sewu, Tawangmangu.
.