Informasi Obyek Wisata

Terletak pada ketinggian 2560 m dpl. Secara administratif Gunung Prau masuk ke dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal.

Karena bentuk Gunung Prau yang memanjang meliputi beberapa Wilayah Kabupaten memungkinan Gunung ini untuk ditempuh melalui beberapa Alternatif Jalur Pendakian. Lewat Jalur utara, bisa melalui Kabupaten Kendal. Jika apabila melewati  Desa Genting Gunung, Desa Balong, Desa Kenjuran yang berada di Kecamatan Sukoreja, jarak tempuh perjalanan mendaki melewati jalur utara kurang lebih memakan waktu 6 Jam. Alternatif lain pendakian bisa dilakukan melalui jalur selatan, yaitu lewat Dataran Tinggi Dieng atau Desa Patak Banteng. Lamanya perjalanan melalui jalur ini relatif lebih singkat, yaitu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan.
 

Di Gunung Prau terdapat beberapa hewan langka dan unik yang termasuk Fauna endemik Jawa, diantaranya adalah burung elang jawa namu, Owa Jawa, Macan Kumbang , Sigung Jawa, Rusa. Namun karenak faktor alam  dan ulah tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab, populasnya menurun.

Sedangkan kekayaan Flora menghiasi area pegunungan prau dieng diantaranya seperti Bunga kantong Semar, Bunga eidhelweis, Bunga Daisy, bunga aster, dan beberapa spesies anggrek yang banyak menempel di pepohonan. Demi keselamatan dan kenyaman selama berwisata di perbukitan seribu ( prau jungle trekk ), para petualang yang hendak berwisata alam di pegunungan prau dieng di sarankan untuk menggunakan jasa tour guide khusus (penduduk lokal).

Gunung ini terkenal dengan bukit teletubies karena lekuk bukitnya yang mirip dengan setting acara televisi Teletubies. Nama Gunung Prau ini diambil dari sebuah nama kapal laut dengan bentuk terbalik dan memanjang dari arah utara hingga selatan terdapat gundukan tanah menyerupai perbukitan. Menurut penduduk setempat, gurung prau merupakan sisa letusan gunung purba dieng dan sebagian dari gunung prau mengalami sedimentasi dan menutup bagian dari pusat erupsi (dataran tinggi).

Sunrise merupakan peristiwa saat yang sering ditunggu-tunggu oleh para pendaki dengan keindahan warna langit jelang pergantian hari tersebut. karena keindahannya yang sungguh menakjubkan, hal ini lebih dikenal dengan golden sunrise. Menjelang musim kemarau, Bunga Daisy mulai bermekaran. Sehingga padang hijau yang tadinya hanya berupa rerumputan dan semak pun berubah menjadi lautan bunga Daisy.

Bagikan halaman ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email