Bendung Gerak Serayu

Informasi Obyek Wisata

Salah satu bendungan terbesar di Indonesia yang terletak di jalur utama Purwokerto-Cilacap, tepatnya di Desa Kebasen, Kecamatan Patikraja. Bendung Gerak Serayu merupakan bendung gerak pertama di Indonesia. Bendungan ini dibangun pada tahun 1993 dan diresmikan pada tahun 1996 oleh Presiden RI Soeharto.

Bendungan ini beserta jaringan irigasi dibangun sebagai irigasi, sehingga ketika musim kemarau tiba, tanaman padi di Kabupaten Banyumas, Cilacap dan Kebumen tidak akan kekurangan air sekalipun.

Lokasi ini sudah berkembang menjadi kawasan wisata yang dikelola oleh Pemerintah. Luasnya sekitar 5 ha. Tempat ini sudah menjadi tempat favorit bagi para pemudik ketika lebaran untuk bersinggah melepas lelah setelah berkendara yang cukup lama. Di obyek wisata ini, kita bisa menikmati  pemandangan alam Bendung Gerak Serayu fasilitas penunjang berupa jalan menuju lokasi wisata yang sudah bagus dan tempat parkir yang luas serta pemandangan sekitar yang indah pula. Selain itu kita juga bisa menikmati berbagai kuliner yang dijual para pedagang dadakan. Jika kita beruntung, kita juga bisa melihat kereta api yang melintas.

Bukan hanya sebagai irigasi dan tempat wisata saja, tempat ini juga bisa digunakan untuk olahraga air seperti dayung.

Bagikan halaman ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email