Curug Ceheng

Informasi Obyek Wisata

Merupakan salah satu bagian dari aliran kali Pelus yang mengalir ke daerah hilir sampai Sumbang dan Sokaraja. Ketinggiannya sekitar 13 meter. Berada si lereng tenggara Gunung Slamet dengan ketinggian 600 m di atas permukaan laut. Untuk menuju ke area air terjun, harus berjalan sekitar 150 meter dari tempat parkir dan kemudian menuruni tebing sekitar 70 meter. Untuk menuruninya sudah tersedia anak tangga yang berkelok-kelok.

Meskipun dari segi dimensi tergolong kecil, tidak mengurangi keindahan pemandangan yang berupa peladangan milik warga yang hijau, air terjun yang jernih serta hembusan angin yang begitu menyejukkan ketika menapaki jalan menurun. Selain itu, tempat ini juga dihiasi dengan satwa langka (sejenis kalong) yang berterbangan di sekitarnya. Bagi pengunjung yang punya nyali, di dekat lokasi ini juga bisa digunakan untuk mandi, namun apabila arus deras, cukup berbahaya. Apalagi tidak selalu adanya tim penolong untuk mengawasi pengunjung. Oleh karena itu, lebih aman jika bermain di pinggir kolam atau di bagian sungai yang cukup banyak batu-batu besar untuk duduk dan bermain.

Apabila ingin mendapatkan pemandangan yang bagus, disarankan untuk berkunjung pada hari-hari yang cerah. Selain bagus, keamananpun cukup terjaga. Jalannya tidak licin, debit airpun tidak besar, sehigga akan lebih aman.

Fasilitas yang ada di tempat ini diantaranya adalah bumi perkemahan, area parkir dan toilet.

Bagikan halaman ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email