Pantai Sigandu

Informasi Obyek Wisata

Pantai Sigandu yang tergolong sebagai pantai landai ini terletak di pesisir Pantai Utara Jawa. Jaraknya kurang lebih sekitar 4 km dari pusat Kota Batang dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit apabila ditempuh dengan berkendaraan motor baik roda dua ataupun empat. Ombaknya tidak begitu besar.

 

Terdapat beberapa fasilitas tempat untuk berteduh, tempat bermain anak, juga pemandangan yang indah. Pengunjung di pantai Sigandu ini banyak yang merupakan wisatawan domestik. Pemandangan pantai akan terlihat indah ketika sore hari. Sementara itu perahu para nelayan yang pulang bersandar dan membongkar ikan hasil tangkapannya.

 

Pantai ini terlihat bersih dan lengkap dengan cafe-cafe yang menyajikan makanan hasil laut yang lezat dan minuman yang segar serta warung bercorak tradisional yang menawarkan beragam menu khas. Antara lain nasi megono dengan lauk gimbal rebon. Para wisatawan dapat berjalan kaki menyusuri pantai, berenang atau menikmati angin laut yang berhembus sepoi-sepoi.

Di Pantai Sigandu tersedia fasilitas arena playground untuk anak-anak serta lapangan voli untuk para remaja. Bagi yang sekadar ingin menikmati temaram matahari surut (sunrise) pun bisa duduk berlama-lama di shelter yang kokoh dan aman. Untuk yang gemar memancing bisa menyalurkan kegemarannya itu di kolam pemancingan. Ada juga hutan cemara yang cukup teduh nan berudara bersih. Bagi yang ingin menikmati perjalanan bahari, wisatawan dapat menyewa kapal Wisata Sigandu I dan II. Selain itu juga terdapat arena outbond berupa Flying Fox dan juga motor ATV Tour.  Saat ini juga sedang dilakukan kerjasama dengan Taman Safari Indonesia dengan pembangunan kolam lumba-lumba atau semacam sea world dan tempat rekreasi modern.

Upacara Nyadran

Di pantai tempat bermuaranya kali Sambong yang membelah kota ini diselenggarakan upacara selamatan pantai (nyadran) dengan arak-arakan dan lomba perahu dayung tradisional oleh seluruh nelayan di Batang. Upacara tersebut diagendakan setiap tahun bertepatan dengan hari raya Idul Fitri sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME atas rizki yang dilimpahkan kepada umatNya.

Bagikan halaman ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email