Karimunjawa

Informasi Obyek Wisata

Merupakan  kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini memiliki luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Konon, menurut cerita terdahulu, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak “kremun-kremun” maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

AKTIVITAS DI KARIMUNJAWA

Aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di Karimunjawa kebanyakan adalah bermain dengan air laut. Salah satu yang dapat dan patut Anda lakukan adalah snorkeling untuk melihat indahnya terumbu karang dan biota laut, berenang dan bermain dengan ikan hiu, mengelilingi pulau-pulau di Karimunjawa (ada 27 pulau), bermain pasir putih, melihat eksotisme batu karang, mincing, dan lain-lain.

Kegiatan lain yang menarik untuk dilakukan adalah mengunjungi hutan mangrove, mengunjungi kerajinan khas Karimunjawa, melihat aktivitas nelayan dan masyarakat karimunjawa, melihat rumah adat Bugis, Madura dan khas Karimunjawa, ziarah ke makam Sunan Nyamplungan, dan lainnya.

KEUNIKAN KARIMUNJAWA

Masalah listrik merupakan salah satu hal yang paling unik di Karimunjawa. Kebutuhan listrik di Karimunjawa tidak dapat dipenuhi selama 24 jam penuh, namun hanya 12 jam saja. Listrik menyala mulai pukul 18.00 s/d 06.00, sehingga mulai pukul 06.00 – 18.00 listrik mati. Hal ini dikarenakan PLN belum mampu menjangkaunya. Listrik di Karimunjawa menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

Kapal penyeberangan ASDP KM Muria

Kapal penyeberangan untuk penumpang dan barang/mobil dll. Berkapasitas 250 penumpang dengan 2 tingkat dek. Waktu tempuh Jepara-Karimun 5-6 jam perjalanan. Dalam perjalanan dari dan ke Karimunjawa pada bulan tertentu perjalanan dikawal oleh sekawanan lumba lumba yang menari-nari disamping kapal.

Jadwal Keberangkatan KM Muria:

  • Hari Rabu : Jepara – Karimunjawa jam 08:30 Wib
  • Hari Kamis : Karimunjawa – Jepara jam 08:30 Wib
  • Hari Sabtu : Jepara Karimunjawa jam 08:30 Wib
  • Hari Senin : Karimunjawa – Jepara jam 08:30 Wib

Pemesanan tiket dan informasi: ASDP Jepara : (0291) 591 048 / Retno : 081 228 955 10

Kapal Cepat Kartini

Kapal khusus penumpang berkapasitas 168 penumpang dengan fasilitas AC. Dengan waktu tempuh 2,5 jam perjalanan dari dermaga Kartini Jepara ke Karimunjawa, sedangkan dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang adalah 3,5 jam perjalanan.

Jadwal Keberangkatan Kapal Cepat Kartini:

  • Semarang – Karimunjawa : Sabtu, Pukul 09.00 Wib
  • Jepara – Karimunjawa : Minggu 10.00 – 12.30
  • Karimunjawa – Semarang : Minggu, Pukul 13.00 Wib
  • Karimunjawa – Jepara – Semarang : Selasa 11.00 – 13.30

Bagikan halaman ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email