Gua Petruk

Informasi Obyek Wisata

Gua Petruk merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 4,5 km dari Jatijajar menuju ke arah selatan. Didalamnya tak ada penerangan, jadi masih gelap dan lantainya masih berbatu bukan ubin.

Gua petruk memiliki 3 lantai gua,yang pertama adalah gua dasar, gua hindu dan gua petruk. Gua dasar untuk wisata umum panjangnya hanya 100 meter, stalaktit dan stalakmitnya sungguh mengagumkan sekali. Jika ingin menelusuri hingga ujung harus dengan pemandu.setelah sampai pada ujung gua anda bisa mengunjungi pantai ataupun air terjun yang berada dekat di ujung gua

Gua Hindu adalah lantai dua,gua ini buntu hanya sedikit yang berkunjung dan dijadikan tempat buat menaruh sesaji.

Gua Petruk adalah lantai paling atas,terdapat bermacam macam stalaktit dan stalamitnya. Disebut Goa Petruk, karena dalam Goa tersebutlah sebetulnya terdapat batu yang mempunyai wujud seperti hidungnya Petruk. Sayang, karena ulah Belanda yang waktu itu melakukan penambangan phosfat, hidung Petruk yang merupakan Logo dari Goa tersebut putus dan kini sudah tak kelihatan lagi.

Bukan dari hidung Petruk yang sangat mancung keindahan yang ditawarkan, tetapi panoramanya yang memang cukup indah. Untuk itu tidak ada salahnya kalau wisatawan bahkan memerlukan waktu berjam-jam berada di Goa Petruk ini.

Untuk mengunjungi Gua Petruk ini, sebaiknya kita telah mempersiapkan peralatan berupa sepatu dari plastik atau karet, sehingga tidak bisa tembus air. Jika perlu, Anda juga bisa menggunakan jasa pemandu wisata untuk menelusuri obyek ini.

Bagikan halaman ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email